Zakat Harta Akal-akalan

 

SETELAH omongannya yang asbun dikritisi habis-habisan, Lukman Saifuddin mengendor. PNS atau aparatur sipil negara bisa menolak gajinya dipotong untuk zakat. “Tidak ada kata kewajiban, tetapi pemerintah memfasilitasi ASN Muslim untuk menunaikan kewajibannya berzakat,” katanya.

Pemotongan gaji ASN untuk zakat itu akan disertai dengan surat kesediaan aparatur terkait. Gaji yang dipotong adalah pegawai dengan nilai total gaji kotor dengan memenuhi unsur nisab (setara 85 gram emas) dan haul (setahun). Pemotongan itu tidak dilakukan Kemenag, tetapi oleh Badan Amil Zakat Nasional.

Masih dengan logika asal-asalan, Lukman menyebut alasan, agar potensi zakat yang besar ini bisa dikumpulkan dan dapat didayagunakan untuk kemaslahatan umat. Soalnya, APBN dari negara selama ini tidak cukup untuk memberdayakan umat sehingga zakat akan bersinergi dengan anggaran negara. Saya ‘kagumi’ sikap konsisten keukeuh Lukman menegakkan ide ‘kreatif’-nya yang menabrak aturan syar’i.●

 

Anton Permana

Batam, Kepri

Bagikan ke:

One thought on “Zakat Harta Akal-akalan

  1. Heya this is kinda of off topic but I was wondering if blogs use WYSIWYG editors or if you have to manually code with HTML. I’m starting a blog soon but have no coding experience so I wanted to get advice from someone with experience. Any help would be enormously appreciated!

Comments are closed.