Untari Dorong Dekopinwil Babel jadi Mitra Strategis Pemerintah 


JAKARTA – Koperasi adalah bentuk gotong-royong masyarakat, secara bersama-sama bangkit mewujudkan kesejahteraan dan berdaulat secara ekonomi. Hal ini yang menjadi spirit bagi Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia Dekopin, Dr. Sri Untari Bisowarno, M.AP. untuk terus mengajak masyarakat tiada henti mengkampanyekan gerakan koperasi.

Dalam kegiatan pengukuhan Pimpinan Dekopinwil Provinsi Bangka Belitung, Untari mengatakan bahwa dia telah berkecimpung selama 26 tahun di dunia perkoperasian. Selama 26 tahun inilah dia memahami bagaimana koperasi menjadi salah satu solusi untuk mengatasi beragam permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat.

Oleh sebab itu dalam kesempatan ini, dia mengajak agar Dekopinwil bersama-sama dengan Pemerintah Provinsi Bangka Belitung dapat berkerjasama mengajak dan meyakinkan masyarakat untuk bergabung dalam koperasi.

“Kita punya tugas besar, Dekopin akan mendampingi agar nanti, Dekopinwil Bangka Belitung yang dipimpin Bapak Datuk Ramli dan jajarannya memiliki pengetahuan yang sangat mendasar tentang bagaimana strategi dan arah gerakan koperasi. Agar bisa menjadi mitra pemerintah yang sangat mutual dalam upaya untuk membangun ekonomi kerakyatan,” terang Sri Untari, saat membuka acara Pengukuhan Kepengurusan Dekopinwil Provinsi Bangka Belitung secara daring, Selasa (22/3/2022).

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Peneliti Senior Kemenkop-UMKM Prof. Joni Situmorang, menunjukan minimnya kontribusi Dekopin selama ini dalam membangun dan menstimulus lahirnya gerakan-gerakan koperasi.

Maka Untari bertekad, di bawah kepemimpinannya, Dekopin mampu menjadi motor penggerak bangkitnya gerakan koperasi di tanah air. Oleh karenannya dia meminta agar pengurus Dekopinwil Bangka Belitung yang akan dikukuhkan dapat bekerja secara bersungguh-sungguh dengan integritas tinggi.

“Saya ingin membangun Koperasi Indonesia ini dengan kesungguhan dengan integritas tinggi. Karena kalau kita punya integritas, maka kita akan mendapatkan trust. Dengan trust itu bisa kita dapatkan semua,” ungkapnya.

Untuk bisa menjadikan koperasi sebagai lembaga ekonomi yang dipercayai masyarakat itu, Untari memaparkan pentingnya sinergi antara gerakan koperasi dengan pemerintah sehingga berbagai langkah strategis yang telah dirumuskan mampu untuk diimplementasikan secara optimal.

“Bapak Wakil Gubernur tidak usah ragu, untuk mendorong tumbuhnya koperasi menjadi lembaga ekonomi rakyat,” ujar Untari.

Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi Jawa Timur tersebut juga meminta agar Dekopinwil bisa mendapatkan fasilitasi dari Pemerintah Daerah. Dia menyebutkan fasilitasi yang bisa diberikan Pemda Bangka Belitung seperti memberikan kesempatan studi banding ke koperasi yang telah maju dan pelibatan Dekopinwil secara aktif dalam Musrenbang tingkat Provinsi.

Sebagaimana diamanhkan dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Pasal 33 Ayat 1 yang menyatakan dengan tegas bahwa perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan. Dan lembaga yang merepresentasikan amanah Undang-Undang Dasar tersebut adalah koperasi.

“Hubungan yang sangat baik antara Dekopinwil dengan Pemerintah ini bisa menjadi sesuatu yang sangat mutual bagi kehidupan kita semuanya yang ada di Bangka Belitung. Bangka Belitung yang luar biasa itu potensi alamnya,” harap Sri Untari.

Menutup penyampaiannya, Untari memberikan pantun berisikan sebuah pesan kepada Dekopinwil Bangka Belitung untuk tidak pernah lelah dalam bergerak mengkampanyekan dan membangkitkan gerakan koperasi.

“Sore-sore makan buah kedongdong
Makan kedondong sama si Susi
Marilah kita semua bergotong-royong Membangun negeri melalui koperasi,” tutup Untari. (Irm)

Bagikan ke: