UMKM Bersama Komunitas TDA, Lahirkan Peluang Lapangan Kerja

Peluang, Bandung – Kementerian Pariwisata dan Kreatif Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Kabaparekraf) mengaku, peran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sangat besar untuk pertumbuhan perekonomian Indonesia. Bahkan UMKM penyumbang 97% lapangan pekerjaan. Hal tersebut sangat efektif dapat mengurangi pengangguran dan resesi ekonomi global.


Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, Dari UMKM inilah yang harus dikembangkan agar dapat Naik Kelas dan Modernisasi Koperasi. Maka itu, dirinya mengajak pelaku UMKM di kawasan Bandung Raya, Jawa Barat, untuk berkolaborasi dan bergabung dengan komunitas TDA (Tangan Di Atas).


Menurut dia, bersama komunitas TDA, maka peluang-peluang dan lapangan kerja baru akan semakin terbuka lebar. Karena TDA adalah komunitas wirausahawan muda yang berkomitmen untuk memajukan para pengusaha muda yang sedang berjuang mengembangkan usahanya.


“UMKM ini adalah pencipta 97 persen lapangan kerja kita. UMKM-lah yang berkontribusi kepada ekonomi kita,” kata Sandiaga dalam Pesta Wirausaha Nasional TDA di Youth Center Sport Arcamanik, Bandung, Minggu (22/1/2023) kemarin.


Untuk itu, lanjut dia, Kemenparekraf hadir untuk terus memberikan ruang dan solusi bagi pelaku-pelaku UMKM. Salah satunya melalui Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI).


“Ketika produk kita telah terdaftar di E-katalog LKPP baik itu katalog nasional, lokal, maupun sektoral, maka pemerintah wajib untuk membeli produk UMKM walaupun harganya lebih tinggi dari produk serupa dari luar negeri. Jadi ini adalah justifikasi kita untuk berpihak kepada UMKM lokal,” ungkap Sandiaga.


Sementara itu Presiden TDA, Ibrahim Mochamad Bafagih, menambahkan, melalui kegiatan yang mengusung tema “Recover and Grow Together” yang berlangsung pada 21-22 Januari 2023 ini, TDA ingin menjadikan event ini sebagai momentum bagi pelaku usaha untuk bisa bangkit dan bertumbuh di era pasca-pandemi.


“Pesta Wirausaha Nasional kali ini adalah momennya bagi para pelaku usaha, khususnya teman-teman UMKM di Bandung untuk bisa bangkit kembali setelah dihantam badai pandemi. Untuk itu saya mengajak teman-teman TDA di seluruh daerah dan juga teman-teman UMKM di Bandung pada umumnya untuk bisa hadir di Pesta Wirausaha Nasional. Banyak inspirasi, motivasi, dan juga ilmu-ilmu bisnis yang disampaikan langsung oleh praktisi ahli maupun pengusaha yang sudah sukses,” tandas Ibrahim. (alb)

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *