Transaksi Digital Banking Capai Rp 4.359,7 Triliun

Foto : Istimewa.

Jakarta (Peluang) : Dengan sistem pembayaran yang mendukung, transaksi digital bangking melesat 27,82 persen pada Juli 2022 menjadi Rp 4.359,7 triliun.     

Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo mengatakan, transaksi ekonomi dan keuangan digital mengalami kenaikan ditopang oleh meningkatnya akseptasi dan prefensi masyarakat dalam berbelanja daring, perluasan dan kemudahaan sistem pembayaran digital serta akselerasi digital banking.

“BI mencatat nilai transaksi digital banking 27,82 persen year on year (yoy) menjadi Rp 4.359,7 triliun pada Juli 2022. Angka itu meningkat jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya,” kata Perry dalam pengumuman Hasil Rapat Dewan Gubernur BI, di Jakarta, Selasa (23/8/2022).      

Ia menjelaskan, nilai transaksi uang elektronik (UF) pada Juli 2022 tumbuh 39,76 persen (yo) mencapai Rp35,5 triliun. Sedangkan nilai transaksi pembayaran menggunakan kartu ATM, kartu debit dan kartu kredit mengalami peningkatan 34,87 persen (yoy) menjadi Rp 739,4 triliun.   

Untuk mendorong implementasi layanan sistem pembayaran yang memenuhi prinsip integrasi, interkoneksi, dan interoperabilitas, BI melanjutkan dan memperkuat persiapan implementasi Kartu Kredit Pemerintah Domestik serta Standar Nasional Open API Pembayaran (SNAP).

BI juga terus memperkuat koordinasi dan kolaborasi dengan kementerian/lembaga serta Satgas Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD). “Ini dalam rangka mendorong akselerasi digitalisasi daerah untuk mendukung pertumbuhan ekonomi daerah,” ujar pria kelahiran Sukoharjo 1959.

Terkait Perry pun menjelaskan,  jumlah Uang Kartal Yang Diedarkan (UYD) tercatat meningkat 7,08 persen (Yoy) mencapai Rp 913,3 triliun. Bank sentral memastikan ketersediaan uang rupiah dengan kualitas terjaga di seluruh wilayah Indonesia, serta penyelenggarakan program edukasi Cinta, Bangga, Paham (CBP) rupiah. “Termasuk edukasi atas uang Rupiah Tahun Emisi 2022,” tutupnya. (s1). 

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.