Syahnas Rasyid Pimpin PKPRI DKI Jakarta

Ilustrasi-Foto: Dokumen Majalah Peluang.

 

Ilustrasi-Foto: Dokumen Majalah Peluang.

JAKARTA—Suksesi kepemimpinan di Pusat Koperasi Pegawai Republik Indonesia (PKPRI) DKI Jakarta berjalan mulus. Syahnas Rasyid didapuk memimpin sekunder koperasi berusia 70 tahun ini untuk periode 2022-2027.

Ia menggantikan Hasanuddin Bsy yang menjabat sebagai  ketua umum selama dua periode.  Bersama jajaran pengurus baru lainnya, Syahnas dikukuhkan dan  dilantik oleh Ketua Pengurus IKPRI Bambang Suhardijo, Senin (20/6/22) di Jakarta. 

Proses pemilihan Syahnas yang sebelumnya Ketua  Pengawas PKPRI  DKI Jakarta berlangsung tertutup melalui rapat tim formatur. Adapun tim formatur sebanyak lima orang terdiri dari dua mantan pengurus lama dan tiga orang anggota yang dipilih dalam RAT  sekunder koperasi ini yang berlangsung Rabu ( 15/6/22). 

Dalam percakapan dengan Peluang usai pelantikan tersebut, Syahnas mengatakan dirinya akan melaksanakan amanah yang dipercayakan anggota untuk memimpin PKPRI DKI Jakarta lima tahun ke depan.

“Saya bukan orang baru di sini, karena sebelumnya saya adalah Ketua Pengawas, dan tentunya saya akan melanjutkan berbagai program yang telah ditetapkan oleh pengurus yang lalu,” ujarnya. 

Ditanya proritas program yang akan dilakukan,  Syahnaz mengatakan, ia bakal concern dengan masalah pendidikan  anggota

“Pendidikan merupakan salah satu prinsip utama dalam tata kelola perkoperasian. Bahkan sering kali dikatakan bukan koperasi jika di dalamnya tidak ada pendidikan anggota,” sambungnya. 

Diakuinya dalam dua tahun belakangan, program pendidikan anggota di PKPRI DKI Jakarta nyaris vakum karena adanya pandemi covod-19.

“Insha Allah, tahun 2022 ini pandemi bisa berakhir sehingga akan mulai lagi menggelar pendidikan anggota, yang sesuai dengan kebutuhan koperasinya masing- masing, misalnya masalah perpajakan, tata kelola usaha maupun pemasaran,” tutur Syahnas. 

Ilustrasi-Foto: Dokumentasi Majalah Peluang.

Koperasi Pasif dan Beku

Program utama lain yang akan dilakukan Syahnas adalah mengadvokasi sejumlah koperasi anggota PKPRI DKI Jakarta  yang kini pasif dan juga koperasi beku.

Dari sebanyak 314 koperasi anggota PKPRI DKI Jakarta, kata Syahnas, hampir sepertiganya pasif  dan bahkan ada pula yang beku operasi. Dia menjadwalkan untuk  segera mengunjungi  koperasi-koperasi  mandeg tersebut guna dicarikan solusi pembenahan  sehingga bisa kembali beroperasi.     

Dalam lima tahun periode kepemimpinan PKPRI DKI Jakarta, Hj Syahnas Rasyid SE, MM  didampingi sejumlah pengurus lainnya, yaitu Agus Salim SIP, MPP  (Ketua I),  H Tarmijo Damanik AKS,MM (Ketua II), Dr GibsonSihombing SE,MM (Sekretaris),  H Zulhasrin Siregar SE, MM ( Bendahara) dan Bidang organisasi dan usaha  Ir Mujihanto dan Dr Widada Sulistya DEA.  Sedangkan Ketua Pengawas adalah H Uwang SH MM dengan anggota Joko Santoso SE,MM dan Chairi Hidayat (Irm)

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.