Sukses Karier dan Bisnis

prakoso budi

DI SELA kesibukannya mengabdi pada negara, Prakoso Budi Susetyo tak behenti menekuni hobinya di bidang otomotif. Bahkan belakangan hobinya itu berbuah berkah karena   kini ia punya usaha bengkel mobil sport yang terletak di daerah Casablanka, Jakarta Selatan.

Bagi pria yang akrab disapa Koko ini, bisnis bengkel bukan sekadar mencari tambahan rezeki tetapi wujud rasa cintanya terhadap dunia otomotif yang sudah terpupuk sejak kecil. “Otomotif itu hobi sejak dulu,” ujar birokrat karir ini.

Sejak SMP ia sudah belajar tentang modifikasi mobil secara otodidak. Awalnya, mencoba membongkar mobil tua peninggalan mendiang orang tuanya. Pekerjaan ini ternyata mengasyikan dan terus berlanjut sampai ia dewasa.

Dari sini, kemudian berkembang menjadi bengkel mobil kecil-kecilan yang terus digelutinya.

Dari sekadar hobi, kini bongkar-membongkar mobil terutama jenis sport menjadi ladang bisnisnya. Saat senggang, difokuskan untuk mengurus bengkelnya. Sebagai pemilik, alih-alih ngebosi, ia bahkan rela menjadi montir. Terutama saat  banyak order, atau ada mekanik yang tidak masuk. “Karena sudah hobi saya tidak merasa gengsi jadi montir saat hari libur,” ujar Koko yang suka humor dan bicara ceplas-ceplos ini.

Koko bukan sekadar pengusaha bengkel otomotif tetapi juga sebagai kolektor velg terbesar. Koleksi velg yang hingga saat ini sudah terkumpul mencapai 150 set. Velg koleksinya didapatkan dari berbagai negara. Harganya ada yang mencapai puluhan juta per satu setnya.

Berkat kesuksesan mendulang rupiah dari hobinya itu, sejak jadi pegawai negeri ia tidak pernah mau menggunakan fasilitas mobil dari kantor. Hingga saat inipun Koko selalu mengendarai mobil pribadinya tanpa sopir.

Selain sukses berbisnis, karir pegawai negeri pria yang kini memiliki tiga cucu ini pun terbilang kinclong. Dari pegawai biasa lalu menanjak menjadi kepala biro. Kini, dipercaya sebagai Deputi SDM Kementerian  Koperasi dan UKM, sebuah jabatan karir tertinggi dalam hirarki birokrasi.    (Drajat)

Bagikan ke:

3 thoughts on “Sukses Karier dan Bisnis

  1. Memang butuh waktu ya koko punya hobi dari SMP dan ini artikel baru di tayangkan. Tetap semangat, terimakasih majalah peluang sudah banyak menginspirasi

  2. I really like and appreciate your article post.Much thanks again. Want more.

  3. Really enjoyed this blog article.Much thanks again. Fantastic.

Comments are closed.