Subsidi BBM 86 Persen Dinikmati Orang Kaya

Jakarta (Peluang) : Subsidi pada dasarnya diberikan kepada masyarakat miskin untuk meringankan beban hidupnya. Tapi faktanya berbeda dengan subsidi bahan bakar minyak (BBM).   

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani mengingatkan aspek keadilan sosial dalam pemberian subsidi. Karena ironisnya kata dia, konsumsi BBM subsidi yang seharusnya ditujukan untuk masyarakat miskin, tapi justru penikmatnya mayoritas golongan atas atau orang kaya. 

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini merinci, dari subsidi Rp 502 triliun, yang menikmati solar paling banyak yakni empat top rumah rumah tangga tertinggi. Seperti dengan Pertalite, itu sebanyak 86 persen dari total subsidi dikonsumsi oleh 30 persen golongan terkaya. Adapun realisasi ini setara anggaran subsidi sebesar Rp 80 triliun.

“ 86 persen atau Rp 80 triliun dari total Pertalite yang disubsidi Rp 93 triliun itu yang menikmati rumah tangga top 30 persen,” ujar Sri Mulyani.  

Hal serupa juga terjadi pada Solar, yakni dari total anggaran subsidi sebesar Rp 143 triliun, orang kaya dan dunia usaha menikmati Rp 127 triliun. “Artinya, ada 89 persen dari total subsidi solar dipakai oleh orang kaya,” tambahnya.

Lebih jauh ia menyebutkan BBM subsidi salah sasaran adalah konsekuensi yang harus ditanggung dari mekanisme penyaluran subsidi terhadap barang. Karena memang  tidak ada larangan bagi siapapun untuk membeli BBM bersubsidi. 

Ini artinya, orang kaya yang notabene bukan sasaran BBM subsidi masih bisa mengonsumsinya. “Padahal, seharusnya subsidi hanya menyasar masyarakat miskin dan rentan miskin. Karena, merekalah yang sangat terdampak oleh gejolak harga barang bersubsidi,” kata mantan menteri Koordinator Bidang Perekonomian. 

Menkeu menegaskan kondisi ini perlu dipikirkan dengan baik, pemberian subsidi dengan mekanisme terbuka seperti ini memang akan terus mengalami persoalan. “Nambah ratusan triliun, itu berarti nambah lebih banyak untuk golongan mampu,” tandasnya. (S1).

Bagikan ke:

One thought on “Subsidi BBM 86 Persen Dinikmati Orang Kaya

  1. Clifford Stone

    Undoubtedly good article. I am always curious to find out another expert opinion. The author provides his individual point of view which is good to compare with the top financial advisors I usually follow on compacom.com. They are always giving such a full detailed analysis that I couldn’t even imagine it’s possible to find something new. Thanks for the information.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.