Setengah Abad di Jalur Inovasi

UNTUK layanan terbaik, Koperasi Pegawai Kementerian Perhubungan (Kopegkemenhub) gigih berinovasi. Yang terbaru, memperkuat layanan digital. “Digitalisasi layanan terutama untuk usaha simpan pinjam dikembangkan agar mempercepat proses transaksi,” ujar Joko Santoso, Ketua Pengurus Kopegkemenhub.

Selain mengembangkan aplikasi digital, koperasi ini juga memberikan cash back bagi anggotanya yang disiplin mengangsur pinjaman. Peningkatan kualitas layanan lain adalah mempercepat proses transaksi pinjaman menjadi hanya 1 (satu) hari kerja. Sebelumnya, persetujuan dan pencairan pinjaman butuh waktu berhari-hari.

Upaya mempercepat proses persetujuan merupakan langkah jitu untuk mendongkrak transaksi, baik dari sisi volume maupun nilainya. Jika berkaca dari kondisi eksternal, seperti pinjaman online yang semakin digandrungi, kecepatan layanan adalah faktor penting untuk bisa bersaing di usaha simpan pinjam.

Untuk mendukung kelancaran digitalisasi layanan, pengurus juga meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui pelatihan. Pembenahan infrastruktur teknologi informasi untuk mendukung transformasi digital juga dipercepat.

Selain layanan simpan pinjam, Kopegkemenhub yang didirikan 29 Oktober 1970 ini juga memiliki toko yang menyediakan aneka barang. Dari sembako, alat tulis kantor hingga elektronik. Anggota pun antusias berbelanja. Buktinya, transaksi penjualan baik dengan sistem cash maupun kredit meningkat.

Koperasi ini terletak di Kantor Kemenhub di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta. Selain barang yang dijajakan cukup lengkap, harganya juga kompetitif. Anggota jadi antusias berbelanja. Alhasil, keuntungan membesar. Muaranya akan kembali kepada anggota dalam bentuk pembagian SHU.  

Kopegkemenhub didirikan dengan tujuan untuk memajukan kesejahteraan anggota. Juga ikut membangun tatanan perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur berlandaskan Pancasila dan UUD 1945. Modal koperasi ini berasal dari iuran anggota, khususnya pegawai di lingkungan Sekretariat Jenderal.

Upaya pengurus mengembangkan inovasi tidak sia-sia. Buktinya, jumlah anggota bertambah dan kinerja keuangan meningkat setiap tahun. “Dukungan anggota menjadi kunci utama meningkatnya kinerja koperasi,” tutur Joko. Ke depan, pengurus akan terus mengembangkan inovasi layanan agar anggota semakin loyal terhadap koperasi. ●

Susunan Pengurus Koperasi Kopegkemenhub

Ketua                                     : Joko Santoso, SE, MM

Wakil Ketua              : Choerudin, Msc

Sekretaris                  : Gunawan Budiutomo, S.Sos.I, M.I.Kom

Wakil Sekretaris      : Narto, SAp

Bendahara                : Handoko Semeru, S.Kom

Bagikan ke: