RED ISLAND Pesona Di Ujung Timur Jawa

Namanya Pulau Merah. Ini sebuah lokasi wisata sekitar 80 kilometer dari Kota Banyuwangi. Tepatnya di Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi.  Daya tarik utama tempat ini berpusat pada sebuah pulau kecil bertanah merah. Letaknya tidak jauh dari bibir pantai, yang bisa dikunjungi dengan berjalan kaki saat air laut surut.

RI-02

Warna merahnya kini hampir tak terlihat karena daratan pulau ditumbuhi pepohonan lebat. Berkat bentuk dan posisinya yang unik, jika dilihat dari pinggir pantai utama, minat para wisatawan tetap tinggi untuk mengunjungi dan berfoto-foto di sana. Selain itu, kondisi ombak laut selatan yang cukup ekstrim membangkitkan tantangan tersendiri bagi para peselancar asing dan lokal.

Keindahan pemandangan kawasan wanawisata Pulau Merah seluas 7 hektar lebih ini dapat dinikmati dari depan Goa Macan, di atas Gunung Tumpang Tilu. Untuk sampai ke goa ini diperlukan waktu pendakian sekitar satu jam.

Demi melengkapi sarana bagi para pengunjung, dalam tahun ini Perum Perhutani sebagai pihak pengelola akan merampungkan pembangunan berbagai fasilitas tambahan seperti bungalow, hotel, café, dan lain-lain. Jika fasilitas transportasi umum dari Kota Banyuwangi diperbanyak, lokasi wisata ini sangat potensial menjadi magnet yang merangsang minat kunjungan lapisan masyarakat kebanyakan.

Bagikan ke: