RAT Koapgi  XVI Gusur Semua Dewan Pengawas

rat-koapgi

Didera pertikaian antara pengurus dan pengawas di tubuh  Koperasi Awak Kabin Garuda (Koapgi)  akhirnya  diselesaikan melalui  Rapat Anggota Tahunan(RAT) . Ketua Pengawas Away F Waluya beserta anggotanya tergusur,  kinerjanya dinilai lemah.

Tidak seperti biasanya, dimana pelaksnaan RAT koperasi primer selalu berlangsung antara bulan Januari dan paling lambat Maret,  maka RAT Koapgi yang berlangsung pada  September lalu boleh dibilang sangat terlambat.  Namun demikian  terbersit rasa puas di wajah para anggota peserta RAT,  koperasi skala besar nasional ini berhasil menyelesaikan kemelut internalnya.

Dalam RAT Koapgi ke XVI  itu,  anggota menerima sepenuhnya laporan pertanggungjawaban pengurus tahun buku 2015.  Anggota  juga  sepakat melanjutkan kembali kepengurusan Rimon Barkah Sukandi untuk masa bakti kepengurusan  2016-2017. Namun sebaliknya, muncul tuntutan untuk mengganti seluruh anggota dewan pengawas karena kinerjanya dinilai lemah.  Dalam RAT yang berlangsung sengit itu, Ketua Pengawas Away F Waluya memang  tidak menyampaikan laporan pertanggungjawaban pengawas.  Tetapi hanya membahas  konflik internal di tubuh Koapgi yang menurutnya harus diselesaikan ke ranah hukum.  Kondisi yang memanas dan nyaris tak berkesudahan itu akhirnya diputuskan dengan memberhentikan semua dewan pengawas.

“ Di forum tertinggi anggota ini Saudara Away tidak menyampaikan laporan pertanggungjawaban sesuai peraturan anggaran dasar. Dan hak anggota untuk memberhentikannya,” kata seorang pengurus Koapgi.

Adapun tiga nama yang disodorkan anggota untuk menjadi pengawas baru adalah Iwan Setiawan  sebagai Ketua Dewas, Marolop Siregar dan Bobby Budiaman sebagai anggota pengawas.  (Irm)

 

Bagikan ke: