Raja Ampat, SepotongSurga yang Dipinjamkan

Satu di antara 10 tempatwisataselamterbaikseduniaterdapat di gugusKepulauan Raja Ampat, Provinsi Papua Barat.Di bagianbaratwilayahKepalaBurungpulau paling timurrepublikini.Tidakberlebihanuntukmengatakan: jikasempatke Raja Ampat, andatelahmengunjungisebuahlokasiwisatainternasionalkelas premium.

AMAT sangatberuntungmereka yang pernahmenginjakkan kaki, meghirupudara, menyelam di laut, danmemanjakandiri di kenyamanan Raja Ampat; setumpakalamcantik yang sulitdijumpaitandingannya.Keindahandanpesona yang terbentangdarialammoleknyamemaksasiapa pun yang beruntungitubergumam: amazing! Jangankan yang menyaksikandenganmatakepala, darifoto-fotonyasajakesandahsyatnanmenyejukkanitulangsungdapatdirasakan.

raja_ampat_islands-1501525

Kepulauan Raja Ampat merupakan rangkaian empat gugusan pulau yang berdekatan dan berlokasi di barat bagian Kepala Burung (Vogelkoop) Pulau Papua. Secara administrasi, gugusan ini berada di bawah Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat.Raja Ampat sendiriadalah pecahan Kabupaten Sorong, sejak 2003. Kabupaten berpenduduk 31.000 jiwa ini memiliki 610 pulau (hanya 35 pulau yang berpenghuni) dengan luas wilayah 46.000 km². Hanya 6.000 km² berupa daratan, 85% wilayahnya (40.000 km²)adalah lautan.

Empat gugusan pulau yang menjadi anggotanya, dinamaiberdasarkanbesarukurannya, adalahPulau Waigeo, Pulau Misool, Pulau Salawati, dan Pulau Batanta.Masyarakat Kepulauan Raja Ampat umumnya nelayan tradisional.Merekabermukim di kampung-kampung kecil yang saling berjauhan dan berbeda pulau.UmumnyapemelukKristiani.Mereka masyarakat yang ramah. Terbuka menerima tamu dari komunitasluar, apalagi kalau dihadiahioleh-oleh berupa pinang ataupun permen.Masyarakat nelayan Raja Ampat menerapkan sistem adat Maluku.

Secaraumum, Raja Ampat yang terdiridari88 kampung dan 10 distrikitujauhlebihpopuler di kalanganmasyarakatinternasionaldibandingmasyarakatkitasendiri. Letaknyasedemikianjauh di ujungtimur Indonesia, meskiaksesuntukmencapainyatidakterlalusulit.Tapitentutidaksulit, dantidakjauh, bagisegelintirkalanganberpunya, khususnyapenggemar traveling danpenikmatpesonaalam.Maklum, untukmencapaiSorongsaja—kotabesarterdekatke Raja Ampat—butuhwaktu 6-7 jam terbang, dengankisaranbiayatiketone way Rp1,8-Rp2,3 juta.

Dari gelarKompas Travel Fair 2014 di Jakarta Convention Center, Jakarta, beberapa waktu  lalu, ditawarkanberagam paket wisata dalam negeri.Seperti Kakaban Trip menawarkan paket Raja Ampat dengan harga Rp 12.500.000 untuk empat malam dengan penginapan homestay. Harga ini sudah termasuk tiket pesawat, transportasi darat dan laut, kamar, makan, dan asuransi.Belum terhitungbiayaairport tax dan peralatan snorkeling.Demi kenyamanan, melancongkesanabersamapaketwisatamerupakanpilihan yang paling realistis. Hargapaket yang agakrelatifmurahditawarkanuntuk 4D3N (4 hari 3 malam) padatahunlaluadalahRp 12.410.000 (2 orang), Rp   8.780.000 (5 orang), Rp   7.978.000 (10 orang).

Dari seorangkenalan, yang termasukberuntungsempatdiajaksahabatbaiknyakesana, cobamencatatagakrinci. Sebagaiwismankoboi (non-group), diaharusmembayarsewamobilRp70 ribudari bandara ke pelabuhan rakyat (bisa di-share), ongkos kapal dari pelabuhan rakyat ke Pelabuhan Waisai, biayaojekdari Pelabuhan Waisai kePenginapan Rp10 ribu, biaya penginapan di Waisai Rp150ribu per malam, biaya kapal boat biasa (bermesin satu) untuk mengelilingi Raja Ampat kapasitas 5-10 orang selama 4 hari Rp7,5juta(bisa di-share).denganspeed boat harganya bisa Rp8 juta perhari; lalupulangnyanginap lagi tanpakasurdi Sorong Rp150ribu, dansewa mobil lagi ke bandara Rp70ribu.

Perairan Kepulauan Raja Ampat, menurut catatanberbagai sumber, merupakan salah satu dari 10 perairan terbaik untuk diving site di seluruh dunia. Bahkan, mungkin juga diakui sebagai nomor satu untuk kelengkapan flora dan fauna bawah air pada saat ini.Di tingkatnusantara, mungkinhanyakeindahanalamdankemegahanbawahlautBunaken di Manado yang agaklayakdisejajarkandenganeksotisme Raja Ampat.Raja Ampat adalah Raja Terumbu Karang. Jadi bagi anda yang menyukai diving atau menyelam, belum lengkap rasanya jika belum pernah menyelam disana.

Tim ahli dari Conservation International, The Nature Conservancy, dan Lembaga Oseanografi Nasional (LON) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) pernah melakukan penilaian cepat pada 2001 dan 2002. Hasilnya, di perairan ini ditemukan lebih dari 540 jenis karang keras (75% dari total jenis di dunia), lebih dari 1.000 jenis ikan karang, 700 jenis moluska, dan catatan tertinggi bagi gonodactyloid stomatopod crustaceans. Ini menjadikan 75% spesies karang dunia berada di Raja Ampat. Tak satupun tempat dengan luas area yang sama memiliki jumlah spesies karang sebanyak ini.Terumbu karang di Raja Ampat umumnya adalah terumbu karang tepi dengan kontur landai hingga curam.Sedikitnya 450 jenis karang sudah diidentifikasi.

Kepulauan Raja Ampat termasuk dalam Segitiga Karang (Coral Triangle). Coral Triangle adalah kawasan yang memiliki keanekaragaman hayati laut terkaya di dunia. Negara yang termasuk dalam Coral Triangle adalah Indonesia, Filipina, Malaysia, Papua New Guinea, Jepang, dan Australia. Karang (coral)-nya mencapai 537 jenis.Agakdisayangkan, di sanasinimulaiada kerusakan terumbu karang akibat aktivitas penangkapan ikan yang tidak ramah lingkungan.Khususnyakarenapenggunaanbom, sianida dan akar bore (cairan dari olahan akar sejenis pohon untuk meracun ikan).

Untuk menjaga kelestarian bawah laut Kepulauan Raja Ampat, usaha-usaha konservasi sangat diperlukan di daerah ini. Ada dua lembaga internasional yang konsen terhadap kelestarian sumber daya alam Raja Ampat, yaitu CI (Conservation International) dan TNC (The Nature Conservancy). Pemerintah sendiri telah menetapkan laut sekitar Waigeo Selatan, yang meliputi pulau-pulau kecil seperti Gam, Mansuar, kelompok Yeben dan kelompok Batang Pele, telah disahkan sebagai Suaka Margasatwa Laut. Menurut SK Menhut No. 81/KptsII/1993, luas wilayah ini mencapai 60.000 hektar.

Bagikan ke: