Puskud Jatim Andalkan Jurus ‘Pokemon Go’

Bertahan dengan citra buram warisan rezim masa lalu, Puskud Jatim membuktikan tetap piawai membangun bisnisnya. Sekunder koperasi tingkat provinsi ini mampu bertahan dengan jaringan 702 KUD se Jawa Timur yang solid. 

PUSKUD JAtim

Ketika nasib Pusat Koperasi Unit Desa (Puskud) di sejumlah provinsi bergelimpangan, tidak demikian halnya dengan Puskud Jatim yang baru saja merayakan hari jadinya ke 41. Sekunder  Koperasi Unit Desa se Jawa Timur (Jatim) ini tetap solid kendati iklim perekonomian masih belum berpihak kepada usaha koperasi.

Banyak faktor  penyebab koperasi yang berdiri pada 30 Juli 1975 ini tetap eksis. Selain didukung oleh kultur masyarakat jatim yang sangat familier dengan nadan usaha koperasi, pengurus beserta pengelola Puskud Jatim juga jeli mengintip berbagai peluang bisnis. “Kami menggunakan jurus Pokemon Go yang sedang ngetren itu,”kata Direktur Utama Puskud Jatim HM Zaenal Arifin berseloroh. Berbicang di sela peringatan hari jadi Puskud Jatim ke 41, Zaenal Arifin mengatakan jurus Pokemon Go yang dia maksud adalah kejelian mengintip berbagai celah bisnis yang dapat menghasilkan keuntungan. Setiap celah usaha yang memberikan harapan terus dilakukan dengan daya upaya yang dimiliki. Meski setiap ikhtiar yang dilakukan tersebut tak semuanya membuahkan hasil manis. Mencari terobosan usaha yang bisa disinergikan dengan 702 KUD anggotannya, tentu tidak semudah membalik tangan.

Karenanya agar jaringan tersebut tetap solid, pengurus dan direksi Puskud Jatim tak hanya sekedar bekerja keras, namun juga senantiasa menjaga komitmen bersama sehingga memberikan manfaat dan kontribusi pada kesejahteraan 702 KUD se Jatim yang jadi anggotanya.

Sementara itu, Ketua Umum Puskud Jatim  Mardjito GA menambahkan

keberhasilan Puskud Jatim adalah keberhasilan bersama KUD Anggota. Ini menunjukkan, apabila KUD secara bersama-sama dan komitmen, utamanya membentuk dan memperkokoh usaha jaringan yang solid dan sinergis. Bila ini terwujud, koperasi akan menjadi suatu kekuatan ekonomi yang sangat besar dan patut diperhitungkan bagi pelaku ekonomi lain di Indonesia, yaitu BUMN dan  pelaku usaha swasta.

Keberhasilan harus dibangun atas pondasi komitmen bersama. Dan ini menjadi modal besar yang harus terus dipegang teguh, baik oleh Puskud Jatim maupun KUD sebagai anggotanya. Komitmen untuk bersama-sama membesarkan dan mengembangkan koperasi berbasis pedesaan ini.

PUSKUD JT

Pada peringatan hari jadi  ke 41 ini, Puskud Jatim tak abai melaksanakan tradisi yang sudah dijalankan selama bertahun-tahun, yaitu berbagi rezeki dengan masyarakat.  Ratusan paket sembako selalu diberikan kepada warga sekitar dan sebuah Yayasan Pantai Asuhan yang ada di Surabaya. Pada tahun ini, sebanyak 400 paket sembako disalurkan. Disamping itu, diadakan pengajian dengan mengundang penceramah turut menghiasi rangkaian ulang tahun kali ini.  (Fat)

Bagikan ke: