PPKUMK DKI Jakarta Komitmen Majukan Koperasi

Kepala Dinas PPKUMK DKI Jakarta, Elisabeth Ratu Rante Allo memberikan sertifikat penghargaan kepada pemenang 100 Koperasi Primer Terbaik Jakarta. Foto : Peluang.

Jakarta (Peluang) : Koperasi berkontribusi  meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (PPKUMK) DKI Jakarta, Elisabeth Ratu Rante Allo mengatakan,  koperasi sebagai salah satu entitas bisnis yang berperan penting dalam aspek ekonomi dan sosial. 

“Melalui usaha simpan pinjam maupun perdagangan dan lainnya, koperasi turut berkontribusi dalam memajukan kesejahteraan anggotanya dan mendorong pertumbuhan ekonomi,” ujar Ratu dalam sambutannya pada peluncuran buku 100 Koperasi Primer Terbaik PKPRI DKI Jakarta dan penganugerahan koperasi primer terbaik di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (21/9/2022).

Sementara itu, aspek sosial lembaga Soko Guru perekonomian ini menurutnya, mengembangkan semangat gotong royong untuk memperat ikatan sosial antar anggota maupun masyarakat  dan meningkatkan penyerapan tenaga kerja.

Menyadari peran strategis koperasi Pemprov DKI Jakarta berkomitmen untuk terus memajukan koperasi dan pelaku usaha kecil mikro (UKM).Seperti dalam program Jakpreneur maupun pemberdayaan lainnya.

“Jalinan kolaborasi ini merupakan bagian dari upaya mewujudkan slogan Jakarta yaitu ‘Maju Kotanya Bahagia Warganya,’ kata Ratu.

Pemprov DKI Jakarta, lanjutnya, terus  mendorong pemanfaatan teknologi digital di koperasi untuk menciptakan koperasi modern.

Penyediaan wifi gratis banyak tersebar di wilayah Jakarta merupakan salah satu langkah meningkatkan literasi digital bagi pelaku usaha dan masyarakat.

“Koperasi diharapkan dapat mengoptimalkan peluang usaha di tengah ekonomi digital yang terus berkembang,” ucapnya.

Kepala Dinas PPKUMK DKI Jakarta, Elisabeth Ratu Rante Allo berfoto bersama pemenang usai menerima penghargaan anugerah 100 Koperasi Primer Terbaik Jakarta dari Majalah. Foto : Peluang.

Ratu mengatakan, Pusat Koperasi Pegawai Republik Indonesia (PKPRI) DKI Jakarta yang memiliki sekitar 300 anggota koperasi primer merupakan mitra yang strategis.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dalam upaya pemulihan perekonomian pasca pandemi Covid-19. Dengan anggota memiliki usaha beragam, PKPRI  diharapkan dapat memberdayakan usaha anggotanya. Sehingga memberikan dampak positif tidak saja bagi anggota, tapi juga masyarakat luas.

Dalam konteks pengembangan ekonomi kerakyatan, Pemprov DKI Jakarta akan terus menggelorakan semangat berkolaborasi. 

Maka itu dengan terpilihnya 100 koperasi primer (Koprim) terbaik diharapkan dapat berkomitmen menjalin kerjasama dengan Jakpreneur atau mitra kolaborasi bagi koperasi kewirausahaan kecamatan yang berada di DKI Jakarta. 

“Ini penting karena Jakarta adalah rumah besar bersama untuk tumbuh tidak saja bagi usaha konglomerasi, tapi juga memberi ruang setara bagi pengembangan koperasi.Maju koperasi bahagia anggotanya,” pungkas Ratu.

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.