Pertamina Ikut Berpartisipasi Untuk Melayani Pemudik Tahun ini

Ilustrasi-Foto : Papua.

Jakarta — Selama arus mudik dan arus balik Idul Fitri 2022, PT Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero) menyediakan berbagai fasilitas tambahan sebagai solusi bagi keamanan dan kenyamanan pemudik.

Tidak hanya layanan BBM, LPG, dan pelumas, kini terdapat juga layanan mini klinik atau fasilitas kesehatan di Rumah Pertamina Siaga. Rumah Pertamina Siaga tersebar di 19 titik strategis jalur tol (rest area) dan non tol wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Layanan mini klinik menjadi layanan unggulan di Rumah Pertamina Siaga selama momen mudik Ramadhan dan Idul Fitri (RAFI) tahun ini.

Bekerjasama dengan Pertamedika, Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting, menjelaskan pihaknya menyiagakan fasilitas seperti ambulance dengan peralatan lengkap. Diantaranya ranjang periksa pasien, serta tenaga medis yang terdiri dari dokter dan paramedis.

Pemudik dapat berkonsultasi jika merasa kurang sehat selama di perjalanan. Mulai dari melakukan pemeriksaan umum seperti gula darah, kolesterol, dan asam urat, hingga mendapatkan obat sesuai indikasi keluhan jika diperlukan.

“Kami turut memahami kondisi pemudik, dimana menempuh perjalanan jauh walaupun melalui jalur tol dapat terasa melelahkan. Sehingga Rumah Pertamina Siaga hadir untuk pemudik, juga sebagai dukungan Pertamina terhadap program pemerintah yaitu Mudik Aman Mudik Sehat. Tentu dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” Ucap Patra, Jumat (29/04/2022).

Kesiapan pelayanan Pertamina untuk pemudik, seperti fasilitas mini klinik di Rumah Pertamina Siaga, mendapatkan apresiasi secara langsung dari Direktur Pelayanan Kesehatan.

Primer Kementerian Kesehatan RI, dr. Yanti Herman. Hal ini diungkapkan Yanti saat melakukan kunjungan dan pemantauan ke Rest Area KM 626 di ruas Tol Ngawi-Kertosono, Jawa Timur.

“Terima kasih kami ucapkan kepada Pertamina yang sudah turut serta dalam rangka pos pelayanan terpadu untuk arus mudik dan arus balik, sudah operasional jauh sebelumnya tanggal 22 April sampai nanti tanggal 8 Mei,” ujar Yanti.

Selain fasilitas kesehatan, Irto menambahkan, Pertamina turut menyigakan layanan mobil derek bekerjasama dengan Tugu Pratama, yang siaga di KM 57 (arus mudik) dan KM 62 (arus balik) ruas Tol ruas Tol Jakarta-Cikampek.

“Kami harap adanya fasilitas tambahan yang disiagakan Pertamina, dapat membantu pemudik untuk tetap aman dan nyaman selama di perjalanan hingga sampai ke kampung halaman, untuk merayakan momen hari raya bersama keluarga,” ujar Irto.

Sejak 11 April lalu, Pertamina Patra Niaga telah mengaktifkan Tim Satuan Tugas (Satgas) RAFI 2022 untuk memastikan kehandalan stok, distribusi, sarana dan fasilitas operasional untuk memenuhi kebutuhan energi masyarakat di bulan suci.

Selama masa Satgas RAFI, Pertamina Patra Niaga menyiagakan 114 terminal BBM, 23 terminal LPG, 68 Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU), lebih dari 7.400 SPBU, hingga SPBBE, agen, dan pangkalan LPG.

Terdapat juga alternatif dan layanan tambahan seperti 1.370 SPBU siaga, 48 ribu Agen dan Pangkalan LPG siaga, 37 Kios Pertamina Siaga, 220 unit motoris atau layanan Pertamina Delivery Service (PDS), penyiagaan 144 unit mobil tanki cadangan atau SPBU kantong, serta hadir kembali 44 titik Posko Pertamina Siaga.

Bagikan ke: