Peringati 10 Muharram 1444 H, BMT ABN Santuni 1.000 Anak Yatim

Acara santunan kepada anak yatim dilakukan serentak di seluruh wilayah kerja BMT ABN. Ini salah satu wujud  rasa syukur dan upaya memupuk solidaritas sosial di masyarakat.

Muharram merupakan salah satu bulan istimewa bagi kaum muslim di seluruh dunia. Setidaknya ada dua momentum yang umum diperingati yaitu 1 Muharram sebagai tahun baru Islam dan 10 Muharram sebagai hari Asyura atau dikenal Hari Raya Anak Yatim. Momen itu merupakan saat yang tepat untuk peduli dan membahagiakan para anak yatim.

Untuk memperingati 10 Muharram 1444 H, BMT ABN menggelar pengajian umum dan santunan anak yatim. Kegiatan yang di laksanakan di aula Assyafi’iyah Hotel tersebut dihadiri oleh para ulama, pejabat pemerintah setempat serta tamu undangan pada Kamis, 11 Agustus 2022.

Supadin, Ketua BMT ABN mengatakan bahwa pengajian umum dan santunan 1.000 anak yatim di kantor pusat dan 48 kantor cabang BMT ABN merupakan kegiatan rutin setiap tahun. Ini juga merupakan momentum untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dan meningkatkan keimanan dan ketakwaan.

“Semoga kegiatan ini membawa berkah, juga memberikan semangat serta menambah ibadah kita semua, terutama anak-anak kita. Sebagai manusia yang telah Allah berikan banyak nikmat sepatutnya kita bersyukur, dan salah bentuknya adalah dengan menyantuni anak yatim,” ucap Supadin.

Peduli dan berbagi dengan anak yatim merupakan salah satu upaya BMT ABN untuk menumbuhkan nilai-nilai sosial kemasyarakatan dan membiasakan untuk memberi contoh yang baik serta menjalin persaudaraan sesama muslim. Ini juga sebagai wujud Islam yang penuh kasih sayang dan rahmat bagi semesta (rahmatan lil alamin).

Dalam Islam, menyantuni dan mengusap kepala anak yatim adalah amalan mulia yang dianjurkan dan mampu menjadikan hati lembut.  Kegiatan santunan tersebut juga dapat membahagiakan anak yatim yang telah kehilangan sosok ayah tercinta. Sehingga diharapkan mereka tetap optimis dan semangat karena ada yang memberi perhatian dengan tulus. 

Supadin menambahkan, kegiatan santunan kepada anak yatim ini akan terus dilakukan pada masa mendatang. Tak lupa ia mengucapkan terima kasih kepada seluruh pengurus, pengawas, karyawan, dan semua pihak yang telah membantu pelaksanaan acara yang berjalan lancar. “Terima kasih untuk semua pihak yang terlibat dalam menyukseskan acara Semarak Muharram 1444 H ini, dan semoga mendapatkan pahala yang berlimpah dari Allah SWT. Mohon dukungannya agar BMT ABN semakin solid dan usahanya terus berkembang,” tutur Supadin.

Senada dengan Supadin, Bendahara BMT ABN Anik Idawati mengungkapkan bahwa kelancaran acara pengajian dan santunan 1.000 anak yatim tidak lepas dari dukungan seluruh elemen di kantor pusat dan cabang BMT ABN.

“Atas seluruh partisipasi dan kontribusi yang telah diberikan  untuk membantu kelancaran kegiatan santunan anak yatim saya mengucapkan terima kasih. Semoga Allah memberi balasan yang setimpal atas kebaikan semuanya,” ujar Anik.  

Kegiatan berbagi untuk anak yatim yang dilakukan setiap tahun oleh BMT ABN merupakan bagian dari wajah koperasi yang kental dengan kepedulian sosial. Terlebih dengan statusnya sebagai salah satu koperasi terbesar di Indonesia, aktivitas tersebut akan menginspirasi yang lain untuk terus berbagi dan peduli pada sesama, khususnya anak yatim. (Dja)

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.