Penjual Kue Keliling Dapat Hibah Rumah Gratis dari Kopstah BMI.

Ilustrasi-Foto : Istimewa.

Serang — Serang – Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Serang H Adang Rahmat Berterima Kasih Kepada BMI yang memberikan Hibah Rumah Siap Huni Kepada salah satu warganya.

Koperasi Syariah Benteng Mikro Indonesia (Kopsyah BMI) meresmikan hibah rumah siap huni gratis (HRSH) untuk Narmah di Kampung Asem Tengah, RT 08, RW 002, Desa Binong, Kecamatan Pamarayan, Kabupaten Serang, Banten.

Narmah adalah Anggota Kopsyah BMI Cabang Bandung. Selama menjadi anggota, ia mendapatkan pembiayaan untuk modal berdagang kue keliling.

Dalam acara peresmian, Presiden Direktur Koperasi BMI Group Kamaruddin Batubara mengajaknya ke atas panggung. Pria yang akrab disapa Kambara menanyakan kepada Narmah bagaimana perlakuan petugas Kopsyah BMI saat melayani anggotanya.

Kambara melanjutkan bahwa Kopsyah BMI hadir di Desa Binong karena ingin membantu perekonomian desa. Penerima Satyalancana Wirakarya itu mengatakan, “Kopsyah BMI tidak hanya menyalurkan pembiayaan dan menagih angsuran saja, tetapi sejak awal membudayakan gerakan menyimpan di Koperasi,.” Kata Kamaruddin Batubara, Rabu (15/06/2022)

Dikatakannya, gerakan menyimpan dan menabung di koperasi didorong agar usaha mikro anggota semakin tumbuh baik dan terbebas dari jebakan hutang yang terus menerus. Kehadiran Koperasi BMI di Desa Binong untuk mengangkat derajat ekonomi warganya.

”Ayo semua warga Desa Binong menjadi anggota, tidak harus minjam, nabung saja, maka bermanfaat bagi warga. Termasuk membangun rumah untuk Ibu Narmah. Secara bisnis ini tekor, karena anggota di BMI di Binong baru 144 orang tapi sudah membangun 2 rumah senilai Rp55 juta.” Terangnya.

Tapi itulah koperasi, karena Koperasi adalah badan usaha berdimensi ekonomi namun tetap berwatak sosial (sesuai pasal 4 UU Koperasi Tahun 1992). Tidak hanya sosial, Kambara menegaskan bahwa Kopsyah BMI merupakan koperasi pemberdayaan.

Selanjutnya, Kambara mengajak anggota maupun warga yang berniat bertani holtikultura untuk mendapatkan pendampingan dari Divisi Pemberdayaan anggota. Hasil pertaniannya juga bisa dipasarkan di outlet BMI Point Koperasi Konsumen BMI sekitar Kabupaten Serang. Seperti Pasar Baros, Pontang, Rau, Cikande, Karangantu dan Ciruas.

Ilustrasi-Foto : Istimewa.

Kambara menyampaikan pesan dari Bapak Koperasi Indonesia, Bung Hatta yang juga tercantum di Pasal 33 UUD 1945. Bahwa seharusnya badan usaha di Indonesia adalah Koperasi. Koperasi dibangun dengan rasa kekeluargaan dan tolong menolong. HRSH untuk Ibu Narmah adalah bentuk kepedulian BMI kepada anggota dan masyarakat.

”Hibah rumah siap huni kepada Ibu Narmah adalah bentuk cinta BMI kepada anggota dan keluarga kita di Desa Binong, Pamarayan ini. Karena kepedulian ini adalah Perintah Allah SWT di QS Al Maidah ayat 2, syariatnya melalui koperasi,” ujar Kambara

Di akhir sambutan, Kambara meminta doa kepada Bu Narmah untuk para hadirin yang menyaksikan peresmian itu agar diberikan umur yang panjang dan kesehatan dari Allah SWT. ”Doa Ibu Narmah luar biasa, kami meminta doanya ya bu,” kata Kambara.

Narmah mendiami rumah berdinding bilik yang sudah lapuk di makan usia, lantainya hanyalah tanah merah dengan atap genting yang bocor di sana-sini. Dengan penghasilan Rp30 ribu per hari, ia harus mencukup kebutuhan hidupnya sendiri meski kekurangan.

Kendati demikian, Narmah tetaplah anggota yang militant. Ia tetap mengikuti rembug pusat dan menunaikan kewajibanya sebagai pemilik, pengguna dan pengendali koperasi.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Serang H Adang Rahmat mengucapkan terima kasih atas kepedulian Kopsyah BMI atas anugerah terindah bagi warga Serang.

“Saya kira hal ini masih jarang dilakukan oleh lembaga lain. Di Serang, BMI sudah membangun 63 unit HRSH. Semoga Kopsyah BMI berkembang di wilayah kami. Semoga kebaikan Kopsyah BMI ini menjadi manfaat bagi warga kami,” pungkasnya.

Peresmian HRSH untuk Ibu Narmah dihadiri Direktur Keuangan Kopsyah BMI Makhrus, Manajer Pemberdayaan Anggota Kopsyah BMI Muhammad Suproni, Anggota SPI Sonny Gusti Hakim, Manajer Area 03 Budi Harto.

Jajaran Muspika Kecamatan Pamarayan juga ikut menjadi saksi kebahagiaan Narmah. Seperti Kapolsek Pamarayan AKP Muljadi, Danramil 0602-20/Pamarayan Kapten Inf Jayani, Kepala Desa Binong Iyat Suryati dan sejumlah tamu dari organisasi kepemudaan setempat.

Bagikan ke:

One thought on “Penjual Kue Keliling Dapat Hibah Rumah Gratis dari Kopstah BMI.

  1. Stevenpoina

    I offer acedemic learning English. we can edit all types of documents for university students. Our rewriter carefully read through your term paper and other documents, looking for and removing each errors that obscure clarity of the essence of your work. Our duty is simply to help you advance your document, and to provide you with intelligent editors in an simple and affordable way. Ivy League Editors is a proofreading jobs advantage shaped, and to provide you with experienced and intelligent editors at a reasonable rates. After decades of being students, editors, and writers, all of us truely believe that gifted academics deserve the best quality of editing. All of our editors are graduates of Ivy League or Ivy League-level schools and are well-read in many different schools including English, political science, philosophy, sociology, law, and history.. All of our editors attended or attend an Ivy League or Ivy League-equivalent university and have the best experience correcting papers in a multitude of disciplines and genres. look at my business website English learning speak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.