Penerapan TKDN, Kadin Indonesia Dukung Kadin DKI Jakarta

Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Organisasi, Hukum, dan Komunikasi, Yukki Nugrahawan Hanafi pada pembukaan Djakarta Festival 2020 di Parkir Timur Senayan, Jakarta, Jumat (26/8/2922). Foto : Peluang.

Jakarta (Peluang) : Dengan pemerintah provinsi (Pemprov) DKI Jakarta membeli produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) merupakan wujud penguatan ekonomi.    

Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang Organisasi, Hukum, dan Komunikasi, Yukki Nugrahawan Hanafi menyatakan bahwa Kadin Indonesia mendukung upaya Kadin DKI Jakarta yang mendorong pemprov DKI Jakarta mengimplementasikan penerapan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dalam rangka pemberdayaan dan penguatan industri kecil menengah (IKM) dan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

“Kita  dengar di pusat ada sekitar 3000-4000 perusahaan yang didrop  berkaitan dengan produk impor. Mudah-mudah ini bisa dimaksimalkan oleh kita,” kata Yukki.

Maka itu menurutnya, diperlukan sinerginitas dan kolaborasi antara pelaku usaha sebagai suplayer dan pemerintah daerah sebagai pembeli. Sehingga pelaku UMKM dan koperasi yang merupakan anggota Kadin dapat bersinergi untuk memenuhi pengadaan barang dan jasa di pemda.

“Saya yakin pemda memiliki kemampuan membeli barang dan jasa dalam jumlah yang besar. Ini perlu dimanfaatkan pelaku UMKM dan koperasi untuk menciptakan permintaan terhadap produk dalam negeri.Dengan pemda belanja produk dalam negeri. Ini menunjukan keberpihakan pemda yang nyata pada UMKM,” tegas Yukki.

 Lebih lanjut ia mengatakan, Badan Pusat Stastik (BPS) telah melakukan simulasi dampak berganda dari belanja produk lokal sebesar Rp 400 triliun oleh pemerintah pusat dan daerah terhadap Produk Domestik Bruto (PDB).

“Total belanja tersebut dapat meningkatkan PDB nasional antara 1,6 persen hingga 1,71 persen,” tandas  Yukki Nugrahawan Hanafi yang juga menjabat Ketua Umum Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI).(s1).

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.