Oney Anwar, Kampiun Burleigh Heads

Lokasi surfing kelas dunia sudah. Kini kita punya peselancar kelas dunia. Orang Indonesia pertama yang lolos ke Championship Tour. Putra Sumbawa itu namanya Oney Anwar.

           

Telah lahir satu surfer berbakat. Ia putra Indonesia. Asal Sumbawa. Namanya Oney Anwar. Ahad, 29 Januari 2017 lalu, ia menjuarai kompetisi 2017 Flight Centre Burleigh Pro 2017,  di Gold Coast/QLD, Australia. Kemenangan ini tak sekonyong-konyong. Ini lanjutan manis buah perjuangan Oney. Tahun lalu, ia menjuarai kompetisi Taiwan Open of Surfing.

Di pantai yang ikonik bagi peselancar dunia, Burleigh Heads, nama Oney Anwar berkibar. Diiringi bendera kebangsaan merah putih. “Saya sangat senang bisa menjuarai kompetisi ini di Australia,” kata pemuda 23 tahun asal Lakey Peak, Sumbawa, itu. Cita-citanya mantap: ingin jadi orang Indonesia pertama yang lolos ke Championship Tour (CT).

Kondisi ombak pada saat final berlangsung sangat baik. Ketinggian ombak sekira 2-3 kaki. Hampir semua pentonton mendukung Anwar. Ia berhadapan dengan pesaing beratnta, Kalani Ball, dari Australia. Di awal kompetisi, Kalani Ball  memimpin. Skornya mendekati sempurna, yaitu 9,65 dari 10. Ia dapatkan itu dari ombak tunggal. Tetapi Anwar membalikkan keadaan, mengalahkan Kallani lewat ombak ganda, dengan skor 18,20 dari 20. Ini skor tertinggi dari kompetisi tersebut.

Setelah Taiwan, katanya, Oney merasa semangatnya terpompa begitu rupa dan termotivasi. Lalu, ia membuka musim dengan kemenangan manis. “Tahun ini, saya ingin menjadi orang Indonesia pertama yang Lolos ke Championship Tour (CT),” ujarnya mantap. Ideal itu, asal torehan prestasinya stabil, tampaknya hampir mendekati kenyataan.

Oney Anwar mukim di Gold Coast selama hampir 9 tahun. Pemusatan itu merupakan bagian dari program pengembangan grommet international Rip Curl. Dia sudah aktif berselancar sejak berusia tujuh tahun. Naik kelas ke level Pro Junior Indonesia dan Australia. Ia juga pemegang rekor surfer Indonesia pertama yang memenangi kompetisi Pro Junior Australia. Tahun 2010 itu, Oney Anwar mencatatkan diri sebagai kampiun Dripping Wet Pro Junior di South Curl Curl, Sydney.●(dd)

Bagikan ke: