NFA Operasi Pasar Telur Ayam Murah di Jakarta

Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan didampingi Kelapa Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi saat memantau operasi pasar telur ayam ras di Pasar Minggu, Jakarta, Jumat 2//2022).Foto : Istimewa

Jakarta (Peluang) : Operasi pasar telur ayam murah dilakukan dengan subsidi biaya distribusi sentra produksi hingga bisa dijual Rp 27.000 per kilogram.

Kepala Badan Pangan Nasional (NFA), Arief Prasetyo Adi mengatakan, pihaknya memulai operasi pasar telur ayam ras di sejumlah pasar di wilayah Jakarta pada Jumat 2 September 2022. Operasi ini dilakukan karena harga telur ayam hingga saat ini masih tak kunjung turun.

“Jakarta dipilih sebagai wilayah pertama berkontribusi sekitar 25-27 persen terhadap laju inflasi nasional. Dalam operasi pasar ini, kami menggandeng PD Pasar Jaya, dan asosiasi pedagang pasar untuk membantu proses operasi pasar,” kata Arief.

Operasi pasar dilakukan di lima pasar yakni Pasar Minggu, Pasar Cijantung, Pasar Inpres Bata Putih Kebayoran Lama, Pasar Kebayoran Lama, dan Pasar Sayur Cipulir. Masing-masing pasar akan mendapatkan pasokan 25 ton telur ayam ras per hari.

“Volume telur ayam yang disiapkan sekitar 5 persen dari total kebutuhan di Jakarta. Kita berharap semua punya kontribusi buat mengendalikan inflasi,” tambah Arief.

Ia menjelaskan, pasokan telur ayam didatangkan dari Koperasi Unggas Sejahtera di Kendal dan Koperasi Putera Blitar, Jawa Timur. Adapun pasokan telur tidak langsung dijual kepada konsumen, namun digelontorkan kepada pedagang.

Telur tersebut dijual kepada pedagang dengan harga Rp 25.000 per kg dan di konsumen Rp 27 .000. Adapun, rata-rata harga telur ayam ras saat ini masih berkisar Rp 30.000-Rp 31.000 per kg.

Arief menjelaskan, pelaksanaan operasi pasar dilakukan dengan cara mensubsidi biaya distribusi dari sentra produksi ke wilayah yang mengalami kenaikan harga. Cara itu telah dilakukan NFA untuk beberapa komoditas pangan pokok yang mengalami kenaikan harga. “Harga dapat ditekan karena pemerintah menanggung biaya logistik dari pusat produksi ke Jakarta,” ujarya.

Setelah adanya subsidi distribusi oleh pemerintah, Arief berharap selanjutnya antar pelaku usaha di wilayah konsumen dan produksi bisa melakukan kerja sama secara bisnis untuk menjaga stabilisasi harga. “Setelah kita bantu fasilitasi distirbusi, kita harapkan nanti ada perjanijan business to business antara pedagang pasar dengan teman-teman di sentra produksi,” tambahnya.

Arief juga berharap ke depan setiap pemerintah daerah (Pemda) yang memiliki Dana Alokasi Umum (DAU) bisa mengalokasikan 2 persen untuk fasilitas distribusi pangan. “Jadi bisa dikerjakan oleh seluruh pemdan,” ujarnya.

Ketua Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi), Abdullah Mansuri mengatakan, pihaknya akan membantu pemerintah untuk memantau proses penjualan. Ia memastikan harga jual kepada konsumen sebesar Rp 27.000 per kg.

Ia menyatakan bahwa konsep operasi pasar kali ini berbeda karena biasanya pemerintah menjual pangan secara murah langsung kepada konsumen. Namun pada operasi kali ini telur ayam ras di jual kepada pedagang. “Jadi polanya bukan operasi pasar, bukan jualan di pinggir jalan, tapi berikan stok ke pedagang,” pungkasnya.(S1).

Bagikan ke:

One thought on “NFA Operasi Pasar Telur Ayam Murah di Jakarta

  1. чистые комнаты: разработка и производство чистых комнат (комнат избыточного давления)
    сушильные камеры для пиломатериалов цена прессовое оборудование для окон и дверей: прессы сборочные, ваймы гидравлические, ваймы пневматические

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.