Mondragon Co-operative Corporation Kiblat Koperasi Pekerja Ternama dunia

Mondragon Co-operative Corporation, inilah koperasi pekerja paling ternama di dunia yang menerobos pasar global. Di negeri asalnya, Spanyol Mondragon menduduki jajaran bisnis terkemuka yang berintegrasi dengan 103 koperasi independen, kantor cabangnya tersebar di 41 negara dan penjualan produk menyebar di lebih 150 negara.

mondragon

Mondragon Co-operative Corporation (MCC) dibentuk oleh para pekerja (worker co-op) yang jadi anggota sekaligus pekerja dan majikan. Koperasi yang berdiri pada tahun 1956 ini terbukti mampu membangun bisnisnya dengan memberdayakan segenap potensi anggota. MCC kini merupakan salah satu perusahaan terkemuka di Spanyol, beranggotakan 103 koperasi independen dan pegawai 74,117 orang. Kiprahnya ke pasar global di mulai pada 1991 melalui restrukturisasi usaha dengan membentuk tiga unit bisnis yaitu sektor industri, keuangan dan retail

Di bidang keuangan, MCC mengelola beberapa bank dan asuransi, Dalam bidang industri mengelola 12 divisi yang memproduksi alat-alat pertanian, komponen otomotif hingga komponen pesawat terbang. Sedangkan dalam bidang distribusi ritel, mengelola barang-barang komersil serta toko-toko makanan, antara lain Toko Eroski, salah satu toko makanan paling terkenal di Eropa. Eroski juga merupakan mata rantai toko-toko di Spanyol yang terdiri dari hypermarket, supermarket dan toko swalayan. Dalam Global List 300 ICA tahun 2012 yang bekerja sama dengan European Research Institute on Cooperative and Social Enterprise (Euricse), Eroski menduduki peringkat 45 dengan turn over mencapai USD 10,92 miliar. Sedangkan untuk kategori 20 koperasi konsumen dan retail terbesar di dunia, Eroski menduduki ranking 10 besar. Sementara dalam sektor industri, MCC menempati peringkat tujuh besar di Spanyol.

 

Anggota Sekaligus Majikan

Mengapa bisnis MCC begitu menggurita dengan loyalitas para karyawan yang tinggi? Hal ini tidak terlepas dari konsep kebersamaan yang dibangun melalui koperasi. Sebagai Koperasi Pekerja, anggotanya adalah pemilik sekaligus pelaku utama yang mengerjakan berbagai macam pekerjaan yang juga menjadi miliknya. Para anggota diberi kesempatan seluas-luasnya mengembangkan potensinya menjadi ahli yang profesional dengan menggabungkan pengetahuan dan pengalaman. Pelatihan secara menyeluruh kepada anggota yang juga pemilik perusahaan koperasi diberikan dengan menggabungkan pelatihan profesional dengan nilai-nilai dan prinsip-prinsip Koperasi.

Seperti struktur koperasi pada umumnya, MCC menetapkan Dewan Pengurus yang anggotanya dipilih dalam Rapat Anggota yang merupakan pemegang kedaulatan tertinggi. Kemudian ada Dewan Manajemen, yaitu badan yang bertugas meng-koordinasi fungsi-fungsi manajemen dan memberikan saran kepada Dewan Pengurus. MCC memiliki Dewan Sosial yang mewakili anggota pada lembaga-lembaga internal koperasi, jumlah anggotanya disesuaikan dengan jumlah anggota koperasi. Untuk memantau pelaksanaan prinsip-prinsip akuntansi, dibentuk komisi monitoring yang terdiri dari para auditor.

 

Ketika bergabung dengan koperasi, anggota wajib menyerahkan dana untuk modal, jumlahnya ditentukan oleh Rapat Anggota setiap tahunnya sesuai dengan kebutuhan. Sedangkan mengenai pembagian SHU (Net Surplus) setelah dikurangi pajak dibagi tiga bagian, Dana Sosial, Dana Cadangan dan Deviden yang diberikan kepada anggota sesuai transaksinya dengan koperasi. Deviden ini oleh anggota perorangan ditanamkan kembali pada koperasi. The European Federation of Employer Share Ownership (EFES) telah mengakui MCC merupakan contoh praktik terbaik dari organisasi partipatoris/demokratis, yang kemudian menempatkan MCC dalam peringkat pertama sebagai organisasi/perusahaan dimana para pekerjanya menguasai lebih dari 50% pemilikan modal.

Dalam laporan keuangan tahun 2015, MCC membukukan aset 24,725 miliar euro dan pendapatan 12,574 miliar Euro. Di bidang pengabdian lingkungan ( Corporate Social Responsibility) MCC memilah beberapa program meliputi kemasyarakatan, aspek manusia dan demokrasi. Dari aspek kemasyarakatan antara lain berdirinya lembaga pendidikan Mondragon University, Politeknik dan Sekolah Menengah. MCC juga memiliki Pusat Pelatihan Kerja, Pusat Teknologi, Pusat riset manjemen usaha dan organisasi. Antara 5% hingga 10% dari SHU yang diperoleh dari usaha MCC dialokasikan untuk Dana Pembangunan dan Pendidikan. Kontribusi MCC di bidang pendidikan, dibuktikan dengan pembangunan sembilan universitas, 1.676 periset dan 4.567 mahasiswa. Tahun 2014, MCC mengucurkan dana 145 juta euro untuk keperluan riset dan pengembangan.

Kontribusi nyata MCC terhadap Spanyol, tahun 2014 koperasi ini merekrut sebanyak 1.000 tenaga kerja. Jumlah tersebut kata, Chief Executive Officer MCC Jabier Sotil diharapkan meningkat pada tahun mendatang. (Irsyad Muchtar)

 

Bagikan ke: