Menkop Targetkan Smesco Jadi Mal UKM Indonesia

Pavilun Jawa Barat di gedung Smesco-Foto: Irvan Sjafari

JAKARTA—-Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop dan UKM) menargetkan Gedung Smesco menjadi pusat peradaban baru UKM.  Gedung yang terletak di Jalan Gatot Subroto ini akan didorong sebagai lokasi one stop service atau mall bagi UKM di Indonesia.

Menurut Menkop dan UKM Teten Masduki, pihaknya akan mendesain format Smesco Indonesia menjadi tempat pemasaran produk UKM yang diminati pasar domestik  maupun manca negara.

“Hal itu sejalan dengan komitmen kementerian untuk terus mendorong pertumbuhan daya saing produk-produk UKM nasional melalui optimalisasi pemasaran produk UKM unggulan di Smesco Indonesia,” ujar Teten dalam jumpa pers di Smesco, Jumat (15/11/19).

Lanjut Teten, Smesco  tidak hanya menjadi tempat penjualan produk UMKM saja. Namun juga pameran, dan sebagainya. Kemenkop juga menggandeng para pelaku usaha kreatif untuk membantu meningkatkan UKM. Khususnya dalam menghadapi era digital.

Kemenkop sendiri akan menyerahkan pengelolaannya pada Badan Layanan Umum (BLU) Kemenkop dan UKM yaitu Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan UKM (LLP-KUKM). Teten mengaku sedang meminta masukan dari para pelaku dan pemerhati UKM yang sudah berpengalaman agar konsep one stop service yang digagasnya untuk pengembangan Smesco Indonesia bisa benar-benar dapat diaplikasikan dalam waktu dekat

“Smesco harus diredesain agar produk UKM mampu masuk pada global value chain, dengan begitu daya saing produk UKM ini bisa betul-betul bersaing di pasar domestik atau pasar luar negeri,” pungkas Teten.

Bagikan ke: