Mendorong Profesionalisme Koperasi

Kisel dapat menjadi rujukan pengelolaan bisnis koperasi yang mumpuni dibuktikan dengan memperoleh sertifikasi standar internasional ISO 9001:2015 untuk Manajemen Mutu dan ISO 27001:2013 untuk Sistem Manajemen Keamanan Informasi.

Koperasi sebagai salah satu entitas bisnis terus menunjukan perkembangan yang cukup pesat dalam beberapa tahun terakhir. Hal itu tidak lepas dari dukungan yang diberikan oleh pemerintah maupun inovasi yang dilakukan pengurus lembaga sokoguru ekonomi. Salah satu terobosan yang kini marak dilakukan, terutama oleh koperasi besar, adalah dgitalisasi layanan sebagai bagian dari upaya meningkatkan profesionalisme.

Suryo Hadiyanto, Ketua Pengurus Koperasi Telekomunikasi Seluler (Kisel) mengatakan, saat ini digitalisasi untuk memudahkan pengelolaan usaha maupun sebagai vehicle untuk bisnis sudah menjadi arus utama di koperasi. “Profesionalisme pengelolaan usaha yang didukung dengan inovasi digital tentu menjadi angin segar bagi perkembangan koperasi di tanah air,” ujar Suryo.

Dalam era digital yang berkembang pesat, “melek teknologi” merupakan hal mendasar dalam mengelola koperasi agar tetap eksis. Selain itu, koperasi perlu memperkuat kolaborasi baik dengan sesama koperasi maupun badan usaha lainnya agar lebih cepat berkembang.

Kisel dapat menjadi rujukan bagaimana koperasi dikelola secara profesional dengan mengoptimalkan digitalisasi dalam aspek layanan maupun operasional.  Koperasi dengan pendapatan sebesar Rp7 triliun pada tahun lalu itu, mengusung konsep “Corporate in Cooperative” dalam mengelola Anak Usaha yang berbentuk Perseroan Terbatas dengan prinsip koperasi yakni kebersamaan dan gotong royong dalam sinergi Kisel Group.

Selain itu, kesuksesan Kisel yang beranggotakan sebanyak 3.979 orang ini tidak lepas dari peningkatan berkelanjutan (continuous improvement) di bidang People, Procedure, dan technology. Dalam hal people improvement, manajemen Kisel berupaya untuk meningkatkan kompetensi dan kapabilitas karyawan agar bisa terus berjalan beriringan dengan kemajuan teknologi yang selalu berkembang saat ini.

Sementara dalam business process, Kisel berkomitmen untuk menerapkan tata kelola yang baik dalam setiap proses bisnisnya. Dengan mengedepankan Standard Operating Procedure (SOP) yang disiplin, Kisel dapat dengan mudah dalam mengontrol dan mengevaluasi bisnis yang berjalan. Selain itu, technology improvement dilakukan dengan membuat berbagai aplikasi yang memudahkan karyawan menjalankan proses bisnis baik dari sisi dukungan maupun bisnisnya.

“Digitalisasi di Kisel merupakan upaya meningkatkan produktivitas, efektivitas, efisiensi transparansi, dan membuat keputusan lebih baik dalam rangka meningkatkan kualitas bisnis dan daya saing di era ekonomi digital,” pungkas Suryo.

Seluruh sistem dan tata kelola profesional tersebut kemudian didukung dengan sertifikasi standar internasional ISO 9001:2015 untuk Manajemen Mutu dan ISO 27001:2013 untuk Sistem Manajemen Keamanan Informasi. Sertifikasi ISO tersebut menjadi bukti Kisel menjalankan bisnis secara profesional dan terpercaya baik dari sisi operasional maupun kerja sama bisnis. (Kur)

Bagikan ke: