Memotivasi Diri dan Memulai Bisnis Sendiri

Michael Dell, Bill Hewlett dan David Packard memulai bisnis mereka dari kamar kontrakan dan garasi. Soichiro Honda memulai bisnisnya dari sebuah bengkel kecil. Jangan salah, goal mereka berbisnis bukan hanya untuk uang.

MOTIVASI adalah kekuatan yang menjadikan kita memulai tanpa keinginan memulai. Untuk mendahulukan yang ingin ditunda. Untuk meneruskan walaupun ingin berhenti. Untuk bekerja lebih kuat daripada perasaan malas. Untuk melakukan yang tampak sulit, dan untuk tetap berupaya mengatasi semua ketidakmungkinan. Motivasi adalah kekuatan tak tampak yang memisahkan kita dari mereka yang hanya bercita-cita tetapi yang tidak bersungguh-sungguh. Motivasi adalah tenaga untuk menjalaninya.

Bila tujuan yang benar dan bernilai tinggi telah ditetapkan, motivasi akan menjadi kekuatan mekanis. Ia yang mengantarkan ke gerbang-gerbang gudang hadiah yang mempercepat kesejahteraan dan kebahagiaan. Artnya, bila tujuan untuk mendirikan usaha sendiri telah ditetapkan (dengan perhitungan yang memadai), segeralah memulai. Jangan tunda. Pastikan anda mengambil langkah nyata.

Untuk mulai berwirausaha, cara umum paling efektif adalah dengan mengamati apa yang kita lakukan sehari-hari. Salah satunya, cari sesuatu yang membuat kita senang melakukannya. Sesuatu yang tanpa membosankan, tanpa beban. Alasan lain dimulainya bisnis bisa juga karena keterpaksaan. Misalnya, seorang ibu rumah tangga yang terpaksa membuka usaha kuliner untuk menambah penghasilan karena gaji suaminya tidak cukup. Kemudian, jika didukung ‘keberuntungan’, berkembang jadi sebuah restoran.

Coba perhatikan dengan cermat, dasar dari berkembangnya usaha itu adalah kebersungguh-sungguhan dari para pemulanya. Kesungguhan ini bisa berasal dari keterpaksaan, ketertarikan atau kesukaan. Kesenangan, keterpaksaan, ketertarikan, dan segala hal yang berbau emosional akan membuat orang fokus dan sepenuh hati dalam berusaha.

Michael Dell, Bill Hewlett dan David Packard memulai bisnis mereka dari kamar kontrakan dan garasi. Soichiro Honda memulai bisnisnya dari sebuah bengkel kecil. Bob Sadino memulai bisnis dengan menjajakan telur ayam dari rumah ke rumah di daerah elite yang banyak bulenya di Jakarta.

Mereka menghormati apa itu visi, yang bagi sebagian orang masih disebut impian. Mereka mencermati kata hati dan instink mereka terhadap cara-cara yang mengarah kepada keberhasilan realisasi impian mereka. Mereka memiliki kemampuan untuk mendapatkan dukungan bagi upaya pencapaian ide bisnisnya. Mereka orang-orang yang rendah hati, yang senang belajar, dan terus memperbaiki diri.

Mereka bertarung sengit dengan pesaing yang jauh lebih kuat, kekurangan modal karena kerugian-kerugian awal, dan bertahan terhadap pesimisme dari orang-orang di sekitarnya. Kesulitan dihadapi dengan persepsi dan proporsi yang benar. Kesulitan dalam berbisnis akan memacu mereka untuk menemukan jawaban yang dibutuhkan.

Kapan waktu yang tepat memulai berwirausaha? Menunggu kesiapan sempurna sebelum bertindak adalah upaya yang sia-sia. Kesiapan sebetulnya adalah kesiapan yang dibangun sambil melakukan yang seharusnya dilakukan untuk mencapai hasil yang diinginkan. Sejauh mungkin, hindari keterdesakan dan ketergesaan untuk mendapatkan uang sebagai motivasi untuk mendirikan. usaha. Keterdesakan itu pemicu untuk memulai usaha, tetapi bukan motivasi yang baik.

Jangan berwirausaha hanya karena untuk mencari uang. Tetapi berwirausaha itu karena ingin mencari potensi. Artinya, mencari pengembangan. Sebuah bisnis bisa meyakinkan bila kita yakin pengembangannya di masa mendatang. Keperluan minimum hanya untuk mendapatkan uang, itu harusnya dilupakan. Dan tahapan itu sudah seharusnya dilewati.●

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *