Marwah Liberal Pendidikan Nasional

pendidikan

INTISARI pendidikan adalah penyiapan kecakapan hidup (life skills). Yaitu kemampuan dan keberanian untuk menghadapi problema kehidupan, lalu secara proaktif dan kreatif mencari dan menemukan solusi untuk mengatasinya. Konsep dasar life skills adalah kecakapan hidup generik. Unsur-unsurnya: kesadaran diri, kecakapan berpikir, kecakapan komunikasi, kecakapan berkerjasama. kecakapan hidup spesifik, kecakapan akademik, dan kecakapan vokasional.

Makna kecakapan hidup lebih luas dari keterampilan vokasional atau keterampilan untuk bekerja. Tidak hanya berorientasi pada bidang akademik atau vokasional semata, tetapi juga memberikan bekal learning how to learn sekaligus learning how to unlearn. UNESCO mengajukan pendidikan yang mengitegrasikan empat pilar, yaitu learning to know, learning to do, learning to be, and learning to live together.

Terjadikah proses pemanusiaan itu dalam praktik di negeri khatulistiwa ini? Jawabnya, jauh panggang dari api. Anomali marak di semua lini. Sekolah formal makin mahal, makin elitis, makin luks, makin kapitalistik, makin tak terjangkau oleh kantong rakyat banyak. Hulu persoalan adalah pemihakan kebijakan terhadap mazhab liberalisme.

Bagikan ke: