Manisnya Bisnis Toko Maya di Dunia Nyata

Pertumbuhan bisnis online, seperti toko online atau pun e-commerce di Indonesia begitu pesat. Hal itu seiring dengan perkembangan teknologi informasi (internet) dan penggunaanya di masyarakat. Dari data Frost & Sullivan menyebutkan, pertumbuhan e-commerce di Indonesia mencapai rata-rata 17 persen per tahunnya. Sementara menurut data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), jumlah pengguna internet di Indonesia saat ini mencapai 28 persen dari total jumlah penduduk Indonesia.

Data itu sekalgus menunjukkan bahwa masyarakat sudah bisa memetik manfaat dari internet. Sebagai ilustrasi, saat seseorang kebingungan akan memasak apa saat week end untuk keluarganya, dia tinggal mencari di google dan mengetikkan kata kucinya maka dalam sekejap dia sudah mendapatkan resep. Begitupun saat melengkapi tugas sekolah atau kuliah.

e2

Data dari Kementerian Komunikasi dan Informatika memotret pernyataan di atas, dimana pada tahun 2012 jumlah pengguna internet sekitar 63 juta orang, kemudian meningkat pada tahun 2013 menjadi 71,19 juta pengguna atau meningkat 13 persen. Sedangkan nilai transaksi yang terjadi pada tahun 2013 sekitar Rp5 trilyun. Itu juga hanya menghitung transaksi jual-beli barang saja. Peningkatan juga terjadi pada 2014, pengguna belanja online mencapai 24% dari total pengguna internet di Indonesia. Dengan nilai belanja online pada 2014 mencapai Rp21 triliun

Bagi konsumen, kehadiran toko online atau e-comerce itu jelas semakin memudahkan dalam berbelanja. Mereka tak perlu keluar rumah jika ingin membeli sesuatu. Begitupun dengan pebisnis atau pemilik toko, tak harus memiliki toko layaknya toko-toko yang kita kenal selama ini. Mereka cukup memampang barang atau jasa dagangannya di dunia maya dan pembeli pun akan “datang” dengan sendirinya.

Untuk yang sudah memiliki toko offline. Kesempatan membuka toko online, justru terbuka. Mereka akan saling melengkapi, dengan memanfaatkan internet menjadi sarana yang ampuh dan efektif untuk promosi sehingga jalan untuk penetrasi pasar maupun ekspansi pasar semakin terbuka.

Selama ini toko offline hanya bisa menjangkau pasar lokal yang terbatas. Sebaliknya, toko online mampu menjangkau pasar yang luas. Melalui jaringan internet seorang pemilik toko, dapat menjangkau pasar yang lebih luas, tidak hanya pasar lokal namun bisa menjangkau pasar nasional bahkan internasional.

 

Sebenarnya toko online tidak berbeda jauh dengan toko yang dibuka secara offline. Perbedaannya adalah lokasi usaha dan cara transaksi atau pembeliannya saja. Selain itu, jika toko konvensional (toko offline) membutuhkan lokasi yang strategis untuk memulai usaha, toko online hanya membutuhkan jaringan internet dan membuat website, blog atau jejaring sosial sebagai tempat usahanya. Selanjutnya toko online juga memudahkan dalam hal promosi, modal yang digunakan relatif kecil, operator atau tenaga kerja yang tak banyak, serta waktu yang fleksibel, menjadi alasan atau pilihan utama para pebisnis online.

Di Indonesia, sampai saat ini belum ada data yang pasti berapa jumlah toko online yang ada dan terpercaya . Toko online yang bertahan harus terpercaya, selain memiliki modal cukup besar. Ada beberapa toko online dengan jualan unik dan mempunyai segmen pasar tersendiri, misalnya untuk jual-beli buku, ada gramedia.com dan BukuKita.com.

Nama toko online untuk fashion, ada Zalora yang merupakan pusat belanja fashion online terbesar di Indonesia. Disini, calon konsumen bisa mencari semua kebutuhan fashion segala kalangan. Baik brand-brand lokal maupun internasional, yang semuanya mengikuti trend fashion terbaru dan memberikan banyak pilihan konsumen. Zalora selalu memberikan layanan terbaik kepada konsumen dengan berbagai penawaran menarik, seperti harga promo, diskon khusus, special deal, dan juga memberikan kemudahan transaksi dengan gratis ongkos kirim untuk area tertentu, layanan Cash on Delivery (COD), serta garansi barang kembali jika tak sesuai.

Sementara itu yang lain ada Lazada yang mempunyai banyak ragam barang yang ditawarkan, mulai dari komputer, laptop, tablet, hand phone, elektronik, fashion, alat-alat rumah tangga, alat kesehatan dan sebagainya. Layanan Lazada ini tak jauh beda dengan Zalora dalam memanjakan konsumennya.

Toko Online yang Eksis

Di atas telah disinggung beberapa contoh toko online yang sudah mapan dan terpercaya di Indonesia. Sebenarnya masih banyak toko online yang ada di Indonesia. Satu catatan penting dalam menjalankan bisnis toko online adalah kepercayaan dari konsumen. Toko online dapat dipercaya jika memberikan kualitas barang dan layanan yang bermutu, Kasus toko online yang merugikan konsumen sudah banyak dialami masyarakat. Jadi ini sangat penting menjadi perhatian para pelaku usaha online dan konsumen.

Beberapa situs jual beli online yang redaksi Majalah Peluang masukkan kedalam daftar online shop berikut ini disusun secara acak. Redaksi mengujinya dengan membeli dari online shop tersebut. Pelayanannya cukup baik, barang pesanan datang tepat waktu, namun harga belum tentu murah. Berikut online shopnya:

Tokopedia.com

Tokopedia merupakan ensiklopedia toko-toko online Indonesia dengan wujud sebuah mall online yang mempertemukan para penjual dengan pembeli dan memungkinkan terjadinya transaksi jual beli online dengan lebih aman dan nyaman. Co-Founder atau pendiri Tokopedia adalah Leontinus Alpha Edison dan William Tanuwijaya pada 6 February 2009, dan terus berkembang hingga sebesar sekarang ini. Hampir semua jenis produk ada diperjual-belikan di Tokopedia mulai dari Fashion, Elektronik, Gadget, Otomotif, Olah Raga, Buku, Peralatan Kantor dan masih banyak lagi.

Demi kenyamanan dalam bertransaksi semuanya melalui nomor rekening Tokopedia sebagai escrow-account, dan pengelola juga selalu rutin melakukan moderasi untuk pengalaman transaksi yang lebih aman. Jadi Anda tidak perlu khawatir akan terjadinya penipuan pada saat berbelanja online.

HargaHot.com
Online shop ini menjual produk yang lagi trendy, fungsional, inovatif, juga unik yang seringkali belum diketahui masyakat umum. Pengunjung online shop kerap terheran-heran kalau produk tersebut ada di dunia ini. Semua produk tersebut diklaim dengan harga diskon hingga 90%.
HargaHot.com sendiri lahir di bulan Juni 2012 dari beberapa anak muda yang ingin jualan barang secara online di dalam wadah PT Mitra Cipta Teknologi. Namun sebelum terbentuk HargaHot.com, kami adalah pencetus website game online dengan tema lelang online, LelangHot.com yang berdiri di tahun 2009. Namun kesibukan HargaHot.com yang ternyata besar sekali, maka LelangHot.com kami nonaktifkan di bulan Desember 2012, dan sampai saat ini kami fokus untuk membangun memberikan produk dan layanan terbaik bagi pelanggan HargaHot.com.
HargaHot.com terus menggandeng merchant-merchant produk dalam dan luar negeri, sehingga apa yang sedang trend di luar sana, tetap bisa dinikmati oleh pelanggan HargaHot.com.
BukuKita.com

Online shop ini hadir melayani para pecinta buku Indonesia sejak 12 Juni 2006.
BukuKita.com berawal dari sekumpulan orang berjiwa muda dan kreatif dengan latar belakang IT yang menggeluti dunia pendidikan dan ecommerce di Indonesia.
Toko buku online dibuat karena pengelolanya yakin tidak semua orang punya waktu untuk pergi ke toko buku.
Lewat BukuKita.com, anda dapat melakukan pemesanan 24 jam sehari 7 hari seminggu. Buku yang tersedia merupakan buku-buku baru dan melayani antar ke seluruh Indonesia.
Sampai pada saat ini, BukuKita.com telah bekerja sama dengan sebagian besar Penerbit dari seluruh Indonesia dan terus mengembangkan kerjasama dengan berbagai perusahaan untuk melengkapi produk yang dijual di BukuKita.com.
Pada bulan Juni 2014, BukuKita.com telah beroperasi selama 8 tahun dan merupakan salah satu Toko Buku Online terlengkap dan paling ramai di Indonesia.
Pelanggan BukuKita.com telah mencapai 90.380 orang dan terus bertambah. BukuKita.com juga telah diakui dan bekerjasama dengan Google.com Asia Pacific dan berbagai perusahaan besar lainnya. Jumlah anggota per 23 januari 2015 tercatat 238837

Lazada.com
Lazada mengklaim sebagai top online retailer di Indonesia. Calon konsumen dapat dengan mudah untuk membeli segala produk yang berkaitan dengan elektronik, dekorasi rumah tangga hingga produk kesehatan dan kecantikan hanya dengan mengakses ke situs Lazada.
Dengan fasilitas pre-order, konsumen akan memiliki kemudahan mendapatkan barang- barang terbaru yang diinginkannya. Pengelola Lazada menjamin selalu memberikan berbagai diskon dengan potongan harga termurah dan penawaran-penawaran yang menarik.
Cara pembayaran bisa melalui kartu kredit, transfer antarbank, dan bayar di tempat (Cash on Delivery). Lazada Indonesia merupakan bagian dari inkubator terbesar di Dunia Rocket Internet. Bebera venture rocket di Indonesia antara lain: Zalora, Foodpanda, PricePanda, Lamudi, Carmudi dan Lamido

Bagikan ke: