Langganan Tokoh Inspiratif

hafida-r

Tak lengkap agaknya jika dalam deretan para pengusaha inspiratif ini tidak kita temui nama Irma Hafida Rachman (52). Di kotanya, Pekanbaru, Riau, nama ibu satu anak ini tak hanya dikenal sebagai pengusaha sukses. Ia juga aktif memimpin berbagai organisasi, antara lain Ketua Umum DPD Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Periode 2016-2021 dan Ketua Umum Badan Koordinasi Organisasi Wanita (BKOK) Provinsi Riau periode 2015-2020.

Pengalaman berbisnis diawalinya sejak tiga dasa warsa lalu, ketika itu ia memutuskan berhenti sebagai karyawan bank pemerintah yang sudah ditekuni selama tujuh tahun. “Saya pulang ke Riau karena ingin meneruskan usaha kedua orang tua saya,” kenang sarjana jebolan Universitas Andalas 1987 ini. Kmudian ia melanjutkan  perusahaan yang dirintis  orang tuanya , PT Sinar Riau Abadi yang bergerak di bidang transportasi, LPG dan SPBU. Kepiawaiannya berbisnis tak bisa dipisahkan dengan dinamika hidupnya yang sarat berbagai aktivitas organisasi. Mulai dari kesibukan perdananya, OSIS  tingkat SMP (1976), Senat Mahasiswa Fakultas Pertanian Unand (1984) hingga bendahara Permias di Oklahoma City, USA (1989). Organisasi profesi yang dimasuki antara lain Kadin Riau, Perempuan Riau Bangkit Foundation, dan Hiswana Migas Riau Daratan. Tak heran jika istri Zir Hendri Malik ini memiliki banyak teman yang juga relasi bisnis.

hafida-rahman

Bisnisnya pun menyebar di berbagai sektor, dari rekanan Pertamina, pendidikan, percetakan, hingga restoran. Pada tahun 2013 Pemprov Riau menganugerahkan Investor Terbaik kepada PT Sinar Riau Abadi, sekaligus mengukuhkan sosok Irma sebagai perempuan Riau paling menonjol di bidang usaha. Sebelumnya ia juga menerima Inspiring Women 2013 dari RRI Pekanbaru dan Inspiring Women Riau 2008 dari PKS. Penghargaan kali ini merupakan pembuktian atas kepiawaian dan kegigihan sosok konsisten Irma Hafida Rachman.  (Yuni)

Bagikan ke: