Lalu Lintas Penerbangan Capai 80 Persen

Bandara Soekarno-Hatta. Foto: Istimewa.

Jakarta (Peluang) : PT Angkasa Pura (AP) II (Persero) optimis kelanjutan pemulihan penerbangan akan berlanjut hingga akhir 2022. 

Direktur Angkasa Pura (AP) II, Muhammad Awaluddin mengatakan, lalu lintas penerbangan di bandara-bandara AP II berangsur pulih sejalan dengan terkendalinya pandemi Covid-19.

AP II mencatat kondisi  sektor penerbangan pada 2022 lebih baik dibandingkan dengan Maret-Desember 2020 dan Januari-Desember 2021. 

“Lalu lintas penerbangan pada 2022 meningkat secara berkelanjutan sejak awal tahun. Kami optimis pemulihan berlanjut hingga akhir tahun,” ujar  Awaluddin.

Bahkan kata dia, sinyal penerbangan menunjukkan pemulihan yang kuat pada kuartal III 2022 dan akan berlanjut hingga kuartal IV 2022. 

Ia menjelaskan, tercatat jumlah pergerakan penumpang di bandara-bandara AP II pada kuaratal I 2022 secara kumulatif rata-rata sekitar 4 juta penumpang per bulan atau jauh lebih tinggi dibandingkan dengan kuartal I 2021 rata-rata sekitar 2,3 juta penumpang per bulan.

“Pada kuartal II 2022 jumlah penumpang AP II kembali meningkat signifikan rata-rata 5,3 juta penumpang per bulan. Salah satunya didorong angkutan lebaran,” jelasnya.

Bandara Soekarno-Hatta pada September 2022, lanjutnya, juga menjadi bandara tersibuk di ASEAN dengan kapasitas kursi penerbangan mencapai 2,96 juta kursi.

Kemudian diikuti oleh Bandara Tan Son Nhat di Ho Chi Minh City, Vietnam dengan 2,09 juta kursi dan  Bandara Changi di Singapura dengan 2,08 juta kursi. 

Rute Jakarta-Denpasar dengan kapasitas kursi penerbangan sebanyak 600.248 kursi. Masuk ke peringkat sembilan dalam daftar Top 10 rute domestik tersibuk di dunia pada September 2022. 

“Pemulihan lalu lintas penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta cukup signifikan dan telah mengantisipasi adanya peningkatan penerbangan untuk memastikan kelancaran operasional,” ujar Awaluddin. 

Bahkan kata dia,  rute yang sempat ditutup, berangsur mulai dioperasikan kembali. Tingkat pemulihan penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta sudah mencapai 80 persen.

“Ini berarti lalu lintas saat ini sudah mencapai 80 dari 2019 saat pandemi belum ada,” tandasnya.

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.