KSPPS Nusa Ummat Sejahtera Profesional Awal Menasional

kop nusa ummat

Kinerja kinclong diperlihatkan Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Nusa Ummat Sejahtera. Berdiri pada 29 Mei 2003, di Semarang, JawaTengah, KSP ini semula bernama Koperasi Bumi Sejahtera, dengan sebaran anggota seputar Kecamatan Gunungpati. Sebelum berbadan hukum koperasi, sebagian anggota lembaga ekonomi NU ini memiliki usaha depo minyak tanah.

Kini koperasi syariah ini berkembang pesat. Budang usahanya makin meriah dan beragam, di antaranya toserba. Penyebaran anggotanya tidak lagi sebatas kecamatan, tapi meluas ke tingkat provinsi. Legalitas hukum untuk itu dikukuhkan pada 16 Maret 2009.  Ruang lingkup jangkauannya merambah lebih jauh, melampaui provinsi. Ekpansisi wilayah kerja mereka bahkan menjangkau lingkup nasional. Legalitas operasional untuk ini didapat dari Kementerian Koperasi dan UKM, pada 6 Oktober 2014.

Sejalan dengan ekspansi jangkauan pelayanan mereka, koperasi simpan pinjam ini pun berganti nama. dari Koperasi NU Sejahtera menjadi KSPPS Nusa Ummat Sejahtera. Kinerja manajemen dan sehatnya pelayanan mereka terbukti dari laporan tahun buku2014 yang mencatatkan kekayaan Rp163, 3 miliar. Jumlah tersebut merupakan peningkatan 18% atau Rp24,8 miliar dibanding tahun sebelumnya.

Sejauh  ini, KSP ini telah menyalurkan modal Rp89,2 miliar. Dana tersebut Selain dari modal sendiri, mereka juga mendapat pinjaman dari pihak ketiga sebesar Rp41 miliar, meski yang tersalurkan sekitar Rp37 miliar. Terdiri dari BSM Cabang Semarang Rp25 miliar, Bank Muamalat Indonesia Rp10 miliar dan Bank Syariah Bukopin Rp6 miliar. Penyaluran tersebut didukung 8 kantor cabang. Atas usaha tersebut berhasil membukukan sisa hasil usaha (SHU) Rp3,2 miliar atau naik Rp348 juta lebih dari tahun buku sebelumnya Rp2,8 miliar.

Koperasi yang dipunggawai H Muhtarom Ketua, Sekretaris H Anang Budi dan Bendahara H Achmad Kaffi ini, kini memiliki 9.306 anggota dan 199 karyawan. “Jika dikelola dengan profesional dan transparan, inshaa Allah koperasi berkembang dan bisa membantu anggota menciptakan kesejahteraan,“ ujar Muhtarom, yang tak lupa menyebut, per April 2014, KSPPS Nusa Ummat Sejahtera telah menambah Cabang baru, beralamat di RukoKav 11 Klipang Pesona Asri Golf, Semarang. (Saw)

Bagikan ke: