Kreativitas untuk Negeri  

 

RumahPuteri menjadi tempat bersemainya tangan-tangan terampil untuk menghasilkan produk kerajinan berkualitas. Rumah kursus ini juga memberi tempat bagi kaum difabel untuk mengaktualisasikan potensi dirinya.

ari-nurul

Di tangan orang-orang kreatif, sesuatu yang dianggap biasa bisa menjadi luar biasa. Seperti yang dilakukan Ari Nurul Hidayah, pemilik Rumah Puteri. Dengan sentuhan tangan dinginnya, lembaran-lembaran bahan atau kain yang sepintas tidak berharga bisa mendatangkan nilai ekonomis tinggi. Inovasi yang dilakukan Ari telah menginspirasi negeri, terutama kaum hawa, bahwa kreativitas bisa menjadi pembeda dan memberi keuntungan ekonomis tinggi.

Bak kisah Raja Midas yang bisa menghasilkan emas dari barang yang disentuh tangannya, demikian pula dengan Ari. Ia mampu menyulap kain-kain itu aneka produk seperti taplak meja, sarung bantal, bedcover, patchwork & quilting tas dan lain sebagainya dengan motif dan corak yang unik serta bernilai seni tinggi, Produknya sudah menembus pasar ekspor ke Malaysia, Singapura dan Brunei.

Rumah Puteri adalah tempat pelatihan/kursus beberapa kerajinan tangan yang berkaitan dengan jahit menjahit, baik menggunakan jahitan tangan dan jahitan mesin. Rumah Puteri menempati workshop, showroom dan pelatihan di jalan Transyogi Cibubur – Cileungsi Perumahan Citragran Blok L10 (boulevard) Cibubur.

Menurut Ari, ide pendirian Rumah Puteri terbilang sederhana yaitu untuk menyalurkan hobinya dalam jahit-menjahit. Tanpa disangka, produksinya digemari banyak orang. Terdorong ingin menularkan keahliannya, lantas ia mendirikan lembaga pelatihan tersebut. “Awalnya hanya ingin menyalurkan hobi, namun terus berkembang hingga sekarang,” ujar Ari.

ari-n

Peserta kursus di Rumah Puteri beragam, mulai dari anak-anak sampai usia lanjut. Peserta bisa memilih paket kursus yang disediakan sesuai dengan minatnya. Mulai dari kelas dasar sampai tingkat advance. Selain kelas tatap muka, ia juga menyediakan paket kursus secara online. Yang menarik, Rumah Puteri juga memberi tempat bagi kaum difabel untuk mengaktualisasikan potensi dirinya.

Selain menyelenggarakan kursus, Rumah Puteri juga menyediakan penjualan produk-produk kerajinan unik nan eksklusif yang sangat cocok untuk menambah koleksi pribadi atau sebagai pilihan souvenir pernikahan, ulang tahun dan acara spesial lainnya.

Menurut Ari, pihaknya juga sering menghadiri undangan kursus dari komunitas-komunitas di luar daerah. Ia pun menyambutnya dengan senang hati untuk membagi ilmu dan keterampilannya tersebut. “Semoga ilmu dan keterampilan yang saya berikan bermanfaat bagi banyak orang,” pungkasnya.   (Drajat)

Bagikan ke: