Kowika Jaya Kuatkan Jaringan

Beroperasi di bilangan Jakarta Timur dan sekitarnya, KSP Kowika Jaya lekat dengan pembiayaan para pedagang kecil, terutama usaha warung makanan, kelontong dan kaki lima.

Souvenir Kowika Jaya

Tahun ini, 20 tahun sudah Koperasi Simpan Pinjam  Wira Karya Jaya (Kowika Jaya) berkiprah di jalur pembiayaan mikro. Anggotanya kebanyakan pedagang kecil dan sektor informal lainnya seperti usaha rumah tangga, pedagang kaki lima, ataupun penjaja makanan yang kerap digelandang oleh petugas Satusan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). Karenanya ketika penggusuran para pedagang kecil atau pemutusan hubungan kerja yang marak, dampaknya pun terasa pada kinerja Kowika Jaya.

Dalam Rapat Anggota Tahunan ke 20 yang digelar bersama dengan KSU Tunas Jaya, ketua Kowika Jaya Sadari mengatakan kinerja koperasinya sepanjang tahun 2016 tidak jauh berbeda dengan kondisi tahun sebelumnya. “Kondisi tahun ini juga masih belum menentu, selain pemihakkan pemerintah daerah yang masih lemah terhadap koperasi, kami juga menghadapi pilkada Gubernur DKI Jakarta yang nuansa politisnya ikut mempengaruhi kondisi perekonomian,” ujarnya.

Kendati menghadapi tantangan eksternal cukup berat, Kowika Jaya tetap menjaga komitmennya  membantu pembiayaan usaha para anggota. KSP yang didukung 106 karyawan ini membukukan pendapatan Rp7,8 miliar dan SHU Rp582 juta untuk tahun buku 2016.   Aset tercatat sebesar Rp43,682 miliar, naik tipis dibanding tahun 2015 sebesar Rp42,604 miliar   Pertumbuhan lainnya, modal sendiri meningkat dari Rp7,069 miliar pada 2015 menjadi Rp7,172 miliar pada 2016. Jumlah kewajiban dari Rp 29,534 miliar menjadi Rp29,510 miliar. Sedangkan liquiditas naik 139,77%, yaitu hasil harta lancar dibagi kewajiban lancar dikalikan 100%.  Solvabilitas menjadi 119,64%, meliputi total harta dibagi total kewajiban dikalikan 100%; dan  rentabilitasnya sebesar 8,11% yakni komponen Sisa Hasil Usaha dibagi modal sendiri. Mengacu pada kinerja tahun 2016 yang relatif stabil, Kowika Jaya mematok target pembiayaan tahun ini sebesar Rp54 miliar. Untuk itu, koperasi ini bertekad memperkuat jaringan dan pelayanan serta pendidikan anggota sehingga partisipasi dan jumlah anggota meningkat.   (Yuni)

Bagikan ke:

One thought on “Kowika Jaya Kuatkan Jaringan

  1. I have recently started a blog, the info you offer on this web site has helped me greatly. Thanks for all of your time & work.

Comments are closed.