Kopma UM, dari Toko Buku hingga Prestasi Nasional

Kegiatan Kopma UM sebeum pandemi-Foto: Halaman website Kopma UM.

MALANG-— Cikal bakal Koperasi Mahasiswa Universitas Negeri Malang berawal dari sebuah toko buku berawal dari sekelompok mahasiswa pada tahun 1978 yang ingin membuka usaha dengan nama “Tokema” (Toko Kesejahteraan Mahasiswa). Pada saat itu, di dalam kampus masih belum ada toko yang melayani kebutuhan mahasiswa berupa alat tulis dan buku.

Pada perkembangannya muncul ide untuk mendirikan koperasi yang akhirnya baru terwujud pada 6 Oktober 1988.

Kini menurut Ketua Bidang Komunikasi Kopma UM Dimas Nugroho, total seluruh anggota Kopma berjumlah seribu orang  dengan delapan unit bisnis, yaitu Coop Mart,Coop Copy, Coop Print, Coop Canteen, Coop Rent, Coop Souvenir,  Coop Snack, Coop Catering.

“Pada Tahun Buku 2019 omzet usaha mencapai Rp1 miliar dengan core bisnis yang kuat adalah minimarket,” ungkap Dimas melalui WhatsApp kepada Peluang, Minggu (20/12/20).

Pandemi berimbas kepada oprasional unit usaha Kopma dan kegiatan anggota Kopma secara keseluruhan. Untuk mensiasatinya, kata Dimas pihaknya mengadakan kegiatan daring, omzet tahun ini pasti menurun dengan kondisi pandemi.  Secara media sosial, Kopma UM seperti instagram yang sudah mencapai lebih dari 1.080 posting dan  3.475 follower.

“Kami juga punya kegiatan pendidikan Kopma pasti agenda rutin kami yaitu Diksar dan Dikmen, selain itu ada LKMO dan Upgrading untuk meningkatkan skill anggota, selama kegiatan pandemi dan kuliah daring kami tidak bisa mengadakan kegiatan luring,” ujar mahasiswa Fakultas Teknik Sipil ini lagi.

Dikmen atau diklat menengah merupakan pendidikan dan pelatihan tingkat menengah yang dilakukan oleh kopma UM dalam rangka memenuhi kewajiban pendidikan terhadap anggota, setelah anggota mengikuti diklat dasar.

Pada 2020, Diklat Menengah Kopma UM ini diadakan sejak 28 September hingga  11 Oktober 2020 dengan tema “Kader yang Unggul, Berkarakter, dan Berdedikasi untuk Koperasi Mahasiswa yang Bersinergi” secara daring.

Sebagai Catatan Kopma UM pernah mendapat penghargaan sebagai koperasi tingkat mahasiswa yang berprestasi pada peringatan Hari Koperasi Juli 2019 di Purwokerto (Van).

Bagikan ke:

One thought on “Kopma UM, dari Toko Buku hingga Prestasi Nasional

  1. MEET HOT LOCAL GIRLS TONIGHT WE GUARANTEE FREE SEX DATING IN YOUR CITY CLICK THE LINK: http://veryhotgirls.site/

Comments are closed.