Koperasi Pertama Masuk Pasar Modal

medium-term-notes-1

 

Koperasi ASJ yang merupakan koperasi pegawai Kementerian Keuangan menorehkan tinta emas dalam sejarah perkoperasian di Indonesia dengan menjadi koperasi pertama yang masuk ke pasar modal menyusul penerbitan medium term notes (MTN). Surat utang jangka menengah berkode KASJ-01 senilai Rp66 miliar ini diluncurkan untuk memperkuat permodalan koperasi.

Arief Wibisono, Ketua Pengurus Koperasi ASJ mengatakan dana hasil penerbitan MTN akan digunakan untuk membiayai proyek perumahan anggotanya sekitar 320 unit yang terletak di Depok dan Bogor. “Penerbitan MTN ini sudah dirintis sejak 2014, dan merupakan salah satu program kerja unggulan,” ujar Arief.

Bank Bukopin bertindak sebagai agen pemantau dan agen jaminan KASJ-01. Sedangkan Mega Capital Indonesia bertindak sebagai agen penjual. Pencairan MTN dilakukan dengan pembayaran bunga secara diskonto setiap tahun sampai dengan pelunasan pokoknya pada 6 Desember 2018. Pembayaran dari investor kepada agen penjamin serta tanggal penerbitan ditetapkan pada 6 Desember 2016.

Arief mengklaim, MTN KASJ-01 diminati oleh investor yang dibuktikan dengan pembelian sesuai dengan target. Dengan adanya tambahan dana untuk ekspansi usaha pembiayaan perumahan ini, diharapkan kesejahteraan anggotanya yang sebagian besar merupakan pegawai Kementerian Keuangan dapat meningkat. “Nantinya harga jual rumah untuk anggota dibuat sekompetitif mungkin dibanding harga perumahan di sekitarnya,” tambah Arief.

Pada kesempatan sama, Ketua Pengawas Koperasi ASJ Indra Surya mengatakan, pendanaan melalui skema MTN ini merupakan terobosan yang pertama kali dilakukan oleh koperasi di Indonesia. “Langkah ini merupakan wujud konkret mendukung program pemerintah dalam mendorong koperasi dan UKM masuk pasar modal,” ujar Indra.

medium-term-notes-1

Langkah Koperasi ASJ mendapatkan pendanaan dari pasar modal ini diharapkan dapat menginspirasi koperasi lain. Dengan semakin banyak koperasi yang masuk ke bursa, transparansi dan akuntabilitas akan lebih meningkat. Selamat ASJ! (drajat).

Bagikan ke: