Koperasi  di Eropa Siapkan Energi Terbarukan

Pada 2021 Pemerintah Inggris berambisi menjadi pemimpin energi hijau dunia. Salah satu caranya dengan mengalokasikan dana sebesar 160 juta poundsterling untuk  meng-upgrade pelabuhan dan infrastruktur di negara ini, seperti di Teesside dan Humber di Inggris Utara, Skotlandia, dan Wales.

Gerakan koperasi di Inggris mempunyai ambisi yang sama.  Salah satu di antarnya Big Solar Co-op menggandeng Komunitas Enegri Birmingham pada pertengahan Juli 2022 untuk membuka penawaran saham untuk mendukung target energi terbarukan yang ambisius.

Dana tersebut akan digunakan untuk mengembangkan jaringan pipa proyek masa depan dengan target ambisius 1000kW solar atap yang dipasang untuk Birmingham yang lebih besar pada 2023.

Big Solar mengumumkan investor dapat memasukkan antara £100 dan £100.000, dengan target bunga kompetitif 4%.  Bahkan Big Solar siap jika investor kembali uangnya ketika mempunyai kebutuhan.  Saham untuk proyek ini dibebaskan dari pajak warisan tanpa penalti.

Big Solar Co-op merupakan koperasi yang  diinkubasi oleh Koperasi Sharenergy dan tumbuh dari 10 tahun pengalaman mereka dalam memberikan tenaga surya komunitas. Koperasi ini percaya bahwa dengan gotong royong skala besar krisis iklim bisa diatasi.

Koperasi ini memulai komunitas solar dengan model etis baru yang dipimpin oleh sukarelawan yang bekerja di mana saja di Inggris.  Targetnya memasang 100MW tenaga surya pada  2030 – mengurangi emisi karbon memerangi perubahan iklim.  Capaian ini setara dengan energi yang digunakan oleh sekitar 30.000 rumah, tetapi dengan  potensi dampaknya jauh lebih besar.

Dengan memasang 100MW solar atap, setiap tahun ini akan menghemat hampir 40.000 ton emisi CO2 dan menghasilkan listrik yang cukup untuk berkendara lebih dari 250 juta mil dengan mobil listrik. Sharenergy adalah koperasi nirlaba yang misinya adalah menempatkan roket nol-karbon di bawah energi terbarukan milik masyarakat di Inggris.

Jon Hallé, salah satu pendiri, Big Solar Co-op, sekalgus CEO Koperasi Shareeergy mengatakan titik awal  gerakan koperasi ini menempatkan lebih banyak solar di atap rumah yang besar di Inggris.  “Ada ratusan ribu bangunan yang berpotensi cocok yang masih belum memiliki PV surya. Kami menghitung bahwa ini dapat berkontribusi setidaknya 5 GW kapasitas surya,” ujar dia.

Tiga instalasi atap pertama yang dibangun Big Solar adalah 300 kWp di pabrik pengolahan makanan di Tenbury Wells; 120 kWp pada pabrik mesin pertanian di Ludlow; dan 30 kWp pada operasi dokter di Birmingham, termasuk pengisian kendaraan listrik yang ditenagai oleh panel surya. Sebuah pipa besar dari situs atap besar lainnya di Inggris juga sedang dikembangkan.

Jon mengajak lebih banyak orang Inggris  bergabung dalam koperasi ini untuk bergotongroyong membuat kontribusi  lebih besar untuk dekarbonisasi daripada yang dapat Anda lakukan dengan berinvestasi pada solar di rumah.

“Panel kami akan mengurangi tagihan energi untuk berbagai lokasi, dari pengguna industri hingga bangunan umum. Kami sedang bekerja untuk membawa tenaga surya milik koperasi ke tempat-tempat yang kurang cerah dan kurang kaya, dengan semua surplus kami diinvestasikan kembali dalam tenaga surya,”  tutur Jon.

Kemajuan sedang dibuat dalam pekerjaannya, dengan tiga situs pertama menandatangani perjanjian eksklusivitas dengan Big Solar dan perjanjian hukum sedang diselesaikan untuk pekerjaan instalasi yang akan dilakukan akhir tahun ini 2022. Inggris.

The Big Solar Co-op sepenuhnya dimiliki oleh anggota masyarakat, baik yang merelakan waktunya, berinvestasi, atau keduanya. Anggota investor akan mengontrol 25% suara di Big Solar Co-op, dengan 75% sisanya dikendalikan oleh anggota pekerja sukarela.

The Big Solar Co-op  pada 2022 menciptakan 3 pekerjaan ramah lingkungan baru dalam kemitraan dengan kelompok energi komunitas lokal dan badan pendanaan di Birmingham, Stroud dan Shropshire & Telford.

Bekerja sama dengan mitra komunitas lokal kami di setiap area, Koordinator Lokal Big Solar Co-op akan fokus untuk menemukan situs surya baru, bekerja dengan sukarelawan lokal dan pemilik situs untuk merancang skema PV surya, dan kemudian membangunnya melalui Big Solar Co- struktur 100% milik koperasi milik koperasi.

Sshareenergy yang menaungi  big Solar  banyak terlibat dalam penawaran berbagi komunitas yang telah mengumpulkan lebih dari £20 juta secara total, dengan lebih dari 6.500 anggota.  Sharenergy telah terlibat dalam lebih dari 100 proyek energi komunitas di seluruh Inggris sejak 2011.

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.