Kokarga Buka CSC Garuda Pertama Kota Tangerang

Tumbled_gemstone

TANGERANG: Perjuangan panjang Koperasi Karyawan Garuda (Kokarga) menjalin kemitraan usaha dengan induk perusahaannya, PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA), akhirnya membuahkan hasil. Pertengahan Januari 2016 lalu, Kokarga membuka Cargo Service Centre (CSC) Garuda pertama di
Kota Tangerang.

Kantor yang terletak di kawasan Tangcity Business Park itu merupakan CSC Garuda yang keempat di Jabodetabek dan kantor ke 71 yang tersebar di berbagai pelosok Tanah Air .

Kerja sama antara SBU (strategic Business Unit) PT Garuda Tbk, kata Direktur Teknik & Teknologi Informasi Iwan Joeniarto mengatakan pelayanan unit bisnis kargo yang dikembangkan GIAA menunjukkan tren yang terus meningkat.

Bagi Indonesia yang merupakan negara kepulauan, layanan kargo menjadi sangat diperlukan. Lantaran itu CSC juga menunjukkan perkembangan pesat.

“Kerja sama dengan Kokarga tidak hanya sampai disini, masih banyak komoditas bisnis lainnya yang bisa kita sinergikan, seperti pengadaan perumahan karyawan,” ujarnya. Menurut dia, lokasi CSC Kokarga yang sangat strategis dijantung bisnis kota Tangerang, memudahkan Kokarga meraih profit dalam tempo
dekat. Apalagi didukung dengan citra positif Garuda yang kini bertengger di posisi 10 besar penerbangan
dunia dan pesawat terbersih nomor enam di dunia. Mengenai kecepatan pengiriman barang, agaknya tidak diragukan lagi karena CSC tidak hanya melakukan pengriman barang dari bandara ke bandara atau Port to Port, tapi juga melayani pengiriman hingga ke depan pintu rumah.

“Kami tidak mematok target, tapi dengan lokasi yang sangat bagus ini, sediktinya Kokarga bisa mengantongi omset Rp 100 juta per bulan,” tutur Iwan yang juga mantan Dirut Citilink.

Menanggapi pernyataan Iwan Yoeniarto yang menjanjikan sejumlah kemitraan usaha lainnya, ketua Kokarga Sopyan Iskandar mengatakan pihaknya sudah menyiapkan konsep kemitraan strategis dengan GIAA. Apabila kemitraan usaha tersebut lebih cepat diujudkan, benefitnya adalah untuk GIAA sendiri, karena ikut menyejahterakan karyawan yang sebagian besar adalah anggota Kokarga.

Dengan sejumlah tenaga pengelola profesional, Sopyan menegaskan, Kokarga tidak ragu dan cukup mampu untuk bermitra dengan GIAA. Sinergi program yang tengah diajukan saat ini adalah pengeloaan ibadah haji dan umroh. Sopyan berharap bisa mengalokasikan seat atau kuota kursi untuk jamaah haji dan umroh yang dikelola Kokaraga. (Irm)

Bagikan ke: