Kinerja BUMN Klaster Logistik Tumbuh 21,27 Persen

foto : Istimewa

Jakarta (Peluang) :Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memprediksi kinerja klaster logistik tetap positif seiring dengan meningkatnya mobilitas masyarakat di eras pasca Covid-19. Tercatat sektor transportasi dan pergudangan tumbuh 21,27 persen pada kuartal II 2022.

Peningkatan ini merupakan kontribusi dari BUMN di klaster logistik, pelonggaran mobilitas dan daya beli yang terjaga mendorong akselerasi konsumsi masyarakat dan aktivitas produksi.

“Kuartal I 2022, laba BMUN kaster logistik naik dua kali lipat secara tahunan (yoy). Sektor transportasi dan pergudangan tumbuh 21,27 persen pada kuartal II 2022. Akselerasi konsumsi masyarakat dan aktivitas produksi mempengaruhi kinerja klaster logistik BUMN,” kata Menteri BUMN, Erick Thohir.

Didorong pelonggaran syarat perjalanan dan momen hari raya Idul Fitri, mobilitas masyarakat sepanjang kuartal II 2022 meningat sangat pesat. Sehingga jumlah penumpang di seluruh moda transportasi mengalami peningkatan signifikan.

“Tercatat sepanjang Januari-Juni 2022 pergerakan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta mencapai 18,15 juta orang atau naik hampir 100 persen dibandingkan dengan periode tahun sebelumnya sebanyak 9,1 juta orang,” ungkap Erick.

Salah satu yang menjadi faktor memengaruhi pertumbuhan sektor transportasi dan pergudangan meningkat adalah suksesnya Kementeriaan BUMN melaksanakan program Mudik Bersama.

Dengan berbagai program, menurut Erick, BUMN mempunyai andil dalam menjaga daya beli masyarakat dengan memberikan lapangan kerja dan berperan dalam memastikan pelayanan masyarakat tetap terjaga meskipun dalam kondisi krisis. Contohnya PT Pelabuhan Indonesia (Persero) dalam memaksimalkan operasional 59 terminal penumpang dan meningkatkan akurasi informasi jadwal kapal untuk memastikan tidak adanya penumpukan penumpang..

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.