Kiat Jitu Menaikkan Daya Saing Bisnis

            Bisnis kecil yang cepat berkembang, lebih berhasil dalam pelayanan pelanggan, identifikasi tren, hasil produk, dan pengontrolan kualitas dibandingkan perusahaan besar.

BAGI pemilik bisnis kecil, bersaing dengan pebisnis lain yang lebih besar dan sudah menguasai pasar merupakan hal yang menakutkan. Tapi, perlu diingat, ada banyak bisnis kecil yang memiliki daya saing bisnis yang kuat, bahkan mampu menghadapi persaingan bisnis dengan yang lebih besar. Berikut ini langkah dan kiat-kiat yang dapat diimplementasikan untuk menaikkan daya saing bisnis anda.

Bergerak dengan cepat

Perusahaan kecil lebih dinamis dan cepat menarik peluang serta mudah beradaptasi dan memperbaiki model bisnis untuk menangkap pasar yang berubah secara cepat. Sebagai contohnya, butik pakaian lokal dapat dengan cepat memproduksi pakaian sesuai dengan tren yang ada atau menarik produk berdasarkan permintaan yang menurun.

Perusahaan besar memiliki kelebihan di ukuran dan skala usaha, namun lamban merespon perubahan pasar. Menurut Henry Eikus, COO dari Unlimited Ltd Clothing, bisnis kecil yang cepat berkembang, lebih berhasil dalam pelayanan pelanggan, identifikasi tren, hasil produk, dan pengontrolan kualitas dibandingkan perusahaan besar. Setelah menemukan pasar anda, maksimalkan kesempatan penjualan.

Menemukan inovasi

Memiliki nilai jual dan daya saing bisnis dengan melakukan sesuatu lebih baik, lebih murah, dan berbeda. Menurut Prof.James Schranger, kunci menghadapi perusahaan besar adalah dengan menciptakan produk atau jasa yang berbeda dan unik. Beri tim anda semangat dan motivasi untuk terus melakukan eksperimen serta kolaborasi pada ide baru. Beri teladan bagi mereka untuk menciptakan budaya inovasi.

Buat daya saing bisnis website anda dengan strategi SEO

Website akan membantu mengembangkan bisnis anda dengan meningkatkan daya saing bisnis serta memberikan kesempatan bagi calon pelanggan informasi mengenai perusahaan dan produk Anda. Dengan strategi Search Engine Optimization (SEO), calon pelanggan ataupun pelanggan lama dapat dengan mudah menemukan produk-produk anda.

Dulu anda cukup memasukkan banyak kata kunci di halaman website untuk menaikkan traffic yang dapat membuat website Anda muncul di mesin pencari web dan klik yang diterima. Saat ini strategi SEO cepat sekali berkembang dan berinovasi.

Menciptakan konten berkualitas, menarik dan inovatif, sehingga pembaca tertarik membagikan alamat website Anda. Untuk hasil terbaik, targetkan pasar secara spesifik dan lokal dengan kata kunci yang panjang dan spesifik.

Hargai dan dengarkan kritik serta saran pelanggan

Cara yang paling efektif dalam menarik pelanggan baru dan mempertahankannya adalah dengan menjalin hubungan baik. Menggunakan crowdsource adalah salah satu strategi untuk menghadapi persaingan bisnis. Dengan mengumpulkan masukan dari banyak orang berarti anda mengajak pelanggan untuk ikut terlibat dalam proses pengembangan produk.

Para pemilik bisnis harus menerima pelanggan mereka secara keseluruhan, kata Prof. Carliss Baldwin. Maka, kenalilah mereka. Cari tahu apa yang mereka butuhkan, yang mereka tidak sukai, apa ekspektasi mereka terhadap perusahaan anda. Menjalin hubungan baik dengan pelanggan melalui survai dan kuestioner juga bisa menjadi nilai plus. Dengan cara itu, anda akan memiliki pelanggan yang setia.

Selanjutnya, fokus perhatian berikutnya adalah pengelolaan transaksi agar penjualan produk berjalan lancar. Pelajari bagaimana fitur aplikasi pembukuan bisa menolong bisnis anda. Anda bisa memanfaatkan aplikasi invoice  untuk kemudahan menjalankan kegiatan jual beli. Invoice dan penagihan akan dibuat secara otomatis, serta pencatatan transaksi dalam bisnis anda jadi lebih sistematis sehingga mudah dipantau. Untuk urusan pengelolaan akuntansi khususnya laporan keuangan, anda bisa menggunakan bantuan aplikasi bisnis seperti Jurnal.● (Nay)

Bagikan ke: