KEMILAUNYA BISNIS AGRIBISNIS DI ERA KETAHANAN PANGAN

Komitmen pemerintah untuk mewujudkan swasembada dan memperkuat ketahanan pangan nasional, menjadi angin segar bagi industri agribisnis dan hortikultura pemasok pangan di Tanah Air.

Janji masa depan cerah pun seakan di depan mata, sebab akan banyak kebijakan yang mendukung pengembangan sektor agribisnis di Indonesia.

Apalagi agribisnis merupakan bisnis berbasis usaha pertanian atau bidang lain yang mendukungnya, baik di sektor hulu maupun di hilir. Sehingga pada dasarnya, Agribisnis merupakan segala jenis usaha yang berhubungan dengan pertanian dari mata rantai awal hingga akhir.

Menilik potensinya, Indonesia sebagai negara agraris seharusnya mampu menjadi negara yang mampu swasembada pangan, namun optimalisasinya masih sangat rendah sehingga Indonesia masih harus mengimpor ke luar negeri.

Kunci sukses dari bisnis bidang pertanian ini adalah kejelian dalam melihat kebutuhan pasar yang banyak dicari orang.

Wajar jika peluang usah pertanian inilah yang diprediksikan merupakan jenis bisnis yang akan tetap berjaya pada tahun 2015. Pasalnya, seiring perkembangan teknologi pertanian kini banyak sekali masyarakat yang ingin menghias rumahnya menjadi lebih hijau. Namun, keinginan tersebut seringkali terhalang dengan lahan rumah yang sempit atau tidak tahu cara membudidayakan aneka jenis tanaman.

Untuk itulah diperlukan kreativitas dalam melakukan agribisnis yang dapat dikerjakan dari rumah sehingga dapat menghemat modal serta tidak terlalu sulit mengurusnya. Sebab usaha rumahan ini pada dasarnya dapat dikerjakan oleh siapapun bahkan bisa menjadi satu hobi yang mengasyikan setelah penat dengan berbagai aktivitas yang menyita pikiran. Berikut ini adalah peluang usaha rumahan agribisnis yang diperkirakan berprospek cerah pada 2015:

tanaman rumah kaca

  1. Usaha Rumahan Tanaman Hias

Tanaman hias adalah peluang usaha pertanian yang masih sedikit pesaingnya. Biasanya, bisnis yang satu ini hanya ditekuni oleh orang-orang yang hidup di dataran tinggi. Padahal, daerah yang panas sekali pun sebenarnya dapat menjadi lahan yang menjanjikan untuk bisa sukses. Sebab, beberapa tanaman juga ada yang tidak terlalu membutuhkan air dan inilah yang seharusnya dikembangkan jika seseorang berada di daerah yang panas.

Peluang Bisnis Rumahan tanaman hias atau sering disebut dengan Nursery bisa dikatakan sebuah usaha yang dilakukan berdasarkan hobi. Pada dasarnya, usaha ini memang lebih banyak dikaitkan dengan hobi namun jika ditekuni maka akan menjadi salah satu peluang usaha yang sangat menggiurkan karena usaha ini masih sangat jarang dilakukan.

Melihat kondisi perumahan yang saat ini sedang berkembang, didukung dengan maraknya bisnis properti yang kian menjamur maka bisa dibilang ide usaha rumahan tanaman hias akan semakin cerah karena perumahan biasanya juga membutuhkan tanaman hias untuk memperindah pemandangan rumah. Tanaman yang bisa dibudidayakan bisa dari jenis bunga seperti anggrek, mawar, atau tanaman hias lain seperti yang pernah booming pada satu dekade silam yaitu daun anthurium.

Dari bisnis ini seseorang tidak membutuhkan modal besar dan bahkan kecil. Pengelolaan yang baik akan sangat penting di sini terlebih jika seseorang bisa mengakalinya dengan menggunakan pupuk yang bisa didapatkan secara gratis. Dengan menekan biaya modal maka jelaslah keuntungan akan semakin besar.

 

  1. Usaha Rumahan Budidaya Jamur

Jamur memang belum terlalu akrab dengan warga Indonesia, bahkan bagi sebagian orang, Jamur merupakan makanan orang kaya sehingga kurang terjangkau bagi kalangan bawah. Namun peluangya, masih sangat besar.

Dilansir dari BPS didapatkan data bahwa perkembangan kebutuhan Jamur semakin meningkat. Kebutuhan pasar jamur pada tahun 2015 diperkirakan sekitar 17.500 ton dan saat ini baru terpenuhi 13.825 ton pertahun, masih sangat potensial bukan? Selain itu seseorang juga akan mendapatkan berbagai keunggulan bisnis jamur di antaranya bisnis rumahan jamur modal kecil, bisa di mulai dengan modal di bawah Rp1 juta, bisa panen setiap hari, permintaan pasar masih besar, pemasaran mudah, untung tergolong besar.

Dari segala pertimbangan di atas, peluang bisnis rumahan jamur termasuk ke dalam peluang usaha rumahan modal kecil yang dapat  dijadikan satu bidang bisnis rumahan yang sangat menguntungkan.

 

  1. Berbisnis pupuk dan bibit tanaman

Pupuk adalah suplemen yang selalu dibutuhkan oleh petani. Bahkan, jika seseorang menekuni bisnis tanaman hias pun tetap membutuhkan pupuk. Pupuk berfungsi untuk merangsang pertumbuhan tanaman dan juga menyuburkan tanaman. Baik pupuk padat maupun cair memiliki khasiat yang sama. Untuk itu, peluang berbisnis pupuk tetap terbuka lebar selama siapa saja serius menekuninya.

Selain itu, seseorang juga bisa menekuni bisnis berjualan bibit tanaman. Peluang usaha pertanian jenis ini pun semakin diminati masyarakat. Sebab, tidak banyak orang yang mau bersusah payah membuat bibit tanaman sendiri. Banyak orang yang mengandalkan bibit tanaman yang sudah siap tanam. Nah, hal ini tentu bisa menjadi alternatif dalam berbisnis.

 

  1. Berbisnis keripik sayuran dan buah

Sebenarnya, bidang pertanian masih sangat menjanjikan keuntungan yang berlipat. Baik itu berbentuk buah-buahan maupun sayuran. Semua hasil bumi tersebut bisa diolah kembali menjadi produk yang memiliki nilai lebih. Siapapun bisa saja mengolah hasil tanaman menjadi keripik sayur seperti bayam, daun singkong, dan lain-lain. Atau keripik buah seperti keripik apel, singkong, pisang, dan salak.

Bagikan ke: