Kemenperin Dorong Sentra OPPI Rangkiang Guna Mengembangkan IKM Sumatera Barat

Ilustrasi-Foto : Padek.

Padang — Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mendukung hadirnya Sentra Optimalisasi Pembinaan Industri (OPPI) Rangkiang untuk mengembangkan Industri Kecil Menengah (IKM) di Sumatera Barat.

Hal itu dikatakan oleh Kepala Pusat Optimalisasi Pemanfaatan Teknologi Industri dan Kebijakan Jasa Industri Kemenperin Heru Kustanto saat peluncuran Sentra OPPI oleh Balai Standardisasi dan Pelayanan Jasa Industri (BSPJI) Padang.

“Kementerian khususnya di Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri sangat mendukung peluncuran Sentra OPPI di Padang kali ini,” kata Heru Kristanto, Kamis (23/06/2022).

Ia mengatakan kehadiran Sentra OPPI sejalan dengan tugas dan fungsi yang diemban pihaknya yaitu meningkatkan efisiensi dan produktivitas IKM. Karena itu, ia meminta sentra tersebut untuk memperbanyak program bimbingan, konsultasi, dan pelatihan untuk IKM.

“Harapannya adalah tumbuh banyak IKM yang memiliki daya saing untuk meningkatkan perekonomian masyarakat,” ujarnya.

Ia menilai Sumatera Barat memiliki banyak potensi dalam pengembangan IKM, khususnya sektor pangan yang telah menembus pasar nasional maupun ekspor.

“Semangat kewirausahaan yang ada di Sumbar sangat baik, ini harus terus dikembangkan untuk menggali seluruh potensi yang ada,” jelasnya.

Selain peluncuran Sentra OPPI, BSPJI Padang juga menggelar kegiatan Temu Pelanggan BSPJI Padang 2022 dengan tema “Peningkatan Peran Standardisasi dan Sentra OPPI untuk Pelayanan Jasa Industri BSPJI Padang”.

Kepala BSPJI Padang Arhamsyah mengatakan ada beberapa layanan jasa yang telah diberikan kepada masyarakat meliputi jasa pengujian, jasa konsultasi, pelatihan, dan sertifikasi.

“BSPJI Padang juga telah meregistrasi laboratorium lingkungan sebagai syarat untuk memenuhi kebutuhan industri,” jelasnya.

Ia menilai mayoritas dunia industri Sumbar sudah menyadari mutu produk dan pihaknya akan terus berinovasi demi mendukung kemajuan industri di provinsi itu. 

Bagikan ke: