Kemenparekraf Dorong UMKM Desa Wisata Baros Bandung: Kembangkan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Peluang, Bandung – Untuk mendukung Wisata Baros di Kabupaten Bandung, Kementerian Pariwisata daan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Kabaparekraf mendorong pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di pariwisata melalui kegiatan ekonomi kreatif di desa tersebut, sehingga dapat membuka lapangan pekerjaan buat masyarakat dan taraf hidup setempat.

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi Kabupaten Bandung yang selalu memiliki komitmen yang tinggi dalam pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif, dari potensi-potensi yang ada termasuk desa-desa wisata di kawasan Bandung Raya.

“Meski di tengah pandemi (COVID-19), desa wisata ini terus bangkit hingga 30 persen. Berarti ini yang disebut pemenang pandemi. Kita dapat memajukan wisata alam di Kabupaten Bandung, termasuk pengembangan dan ekonomi kreatif ,” kata Sandiaga, Selasa (24/1/2023).

Selain itu, Menparekraf mengatakan, pihaknya melihat di Desa Wisata Baros, Kabupaten Bandung terdapat peluang usaha dan lapangan kerja semakin terbuka lebar.

“Pariwisata ini terbukti bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat. Sehingga kami akan all out sesuai dengan arahan Presiden untuk merevitalisasi destinasi-destinasi wisata,” tutur Sandiaga.

Lebih lanjut dia menyampaikan, Desa Baros memiliki keindahan destinasi dan produk ekonomi kreatif yang sangat mendukung. “Jadi bisa kita  kembangkan desa wisata Baros dan tadi sudah di SK-kan  (Surat Keputusan),” ucap Sandiaga. 

Demi mendukung pengembangan pariwisata, lanjut dia, pemerintah akan berupaya memberikan bantuan dari sisi ekonomi kreatif maupun Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik untuk Kabupaten Bandung.

“Ini bisa kita dukung kebangkitan di desa Baros dan bersama-sama kita berjuang dengan masyarakat usai pandemi untuk mengembalikan ekonomi masyarakat,” pungkasnya. (alb)

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *