Kembangkan Usaha di Masa Sulit, Selalu Ada Cara

Saat ini dunia sedang berada ancaman resesi, terlebih bagi pemilik usaha kecil. Parahnya, banyak usaha kecil sering tidak memiliki cara untuk membantu bisnis mereka menghadapi masa-masa sulit seperti ini. Berikut beberapa cara.

Lindungi arus kas anda

Arus kas adalah sumber kehidupan bisnis anda. Uang harus terus masuk dan keluar untuk menjamin kesehatan bisnis yang optimal. Tujuannya jelas, anda harus mendatangkan lebih banyak pendapatan daripada pengeluaran.

Memang sulit untuk menjaga agar arus kas tetap menguntungkan. Untuk bisa memastikan bisnis anda tetap bertahan dari resesi, terapkan strategi menjaga arus kas terus bergerak. Mulai dari meningkatkan penjualan atau layanan yang menghasilkan, membuat produk yang memiliki permintaan tinggi selama waktu tertentu, hingga memangkas pengeluaran yang tidak perlu.

Perhatikan manajemen persediaan

Lihat apakah ada yang bisa dilakukan untuk mengurangi biaya pengelolaan stok anda tanpa mengorbankan kualitas barang yang dijual atau membuat pelanggan anda tidak nyaman. Apakah ada alternatif pengiriman yang akan bekerja untuk anda sehingga anda dapat menghilangkan biaya pengiriman dan pergudangan? Hanya karena anda selalu memesan sesuatu dari pemasok tertentu atau melakukan hal-hal dengan cara tertentu tidak berarti anda harus terus melakukan hal-hal seperti itu, terutama ketika anda menemukan cara-cara lain dapat menghemat uang anda.

Fokus pada inti

Pemilik usaha kecil sering menyederhanakan konsep “diversifikasi,” menerjemahkannya menjadi “berbeda”. Perlu anda ingat, menambahkan produk atau layanan lain ke penawaran anda bukanlah diversifikasi.  Lebih buruk lagi, itu dapat merusak bisnis inti anda dengan mengambil waktu juga sumber daya untuk membuat produk yang salah sasaran atau kualitas yang buruk, bahkan merusak merek dan reputasi anda.

Menangkan persaingan pelanggan

Anda harus terus memperluas basis pelanggan/klien jika bisnis kecil anda ingin bertahan dan berkembang di masa-masa sulit. Tawarkan sesuatu yang lebih atau berbeda dari apa yang dilakukan orang lain. Teliti pesaing anda dan lihat apa yang dapat anda lakukan untuk membujuk pelanggan agar menjadi pelanggan anda. Bagaimana iklan pesaing anda? Kunjungi lokasi bisnis mereka. Tanyakan kepada konsumen apa yang mereka sukai atau tidak sukai dari pesaing itu, kemudian sesuaikan dan terapkan pada praktik bisnis anda sendiri.

Manfaatkan pelanggan setia

Cara mengembangakn usaha yang efektif di masa sulit adalah memperhatikan siapa pelanggan setia. Kita semua pernah mendengar pepatah lama bahwa seekor burung di tangan lebih bernilai daripada 1.000 ekor di langit. Burung di tangan adalah pelanggan atau klien setia anda. Mereka adalah peluang untuk membuat lebih banyak penjualan tanpa harus mengeluarkan biaya untuk menemukan pelanggan baru. Kuncinya di sini adalah layanan pelanggan yang sangat baik. Pastikan bahwa pelanggan atau klien anda menyukai apa yang anda lakukan atau jual, dan buat mereka senang.

Jangan kurangi biaya pemasaran

Banyak bisnis kecil melakukan kesalahan dengan memotong anggaran pemasaran mereka di masa-masa sulit, atau bahkan menghilangkannya sama sekali. Padahal, saat sulit seperti ini adalah saat dimana bisnis kecil anda paling membutuhkan pemasaran.

Konsumen gelisah akibat pandemi menghabiskan lebih banyak waktu untuk mempelajari berbagai produk. Mereka selalu mencari untuk membuat perubahan dalam keputusan pembelian mereka. Bantu mereka menemukan produk dan layanan anda dan memilihnya daripada yang lain dengan memasukkan nama produk anda di sana. Jangan berhenti melakukan kegiatan pemasaran.● (Nay)

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.