KCP Pintu Air Yogyakarta Gelar Pelatihan Pengelolaan Jagung.

Ilustrasi-Foto: Istimewa.

YOGYAKARTA—KCP KSP Kopdit Pintu Air Yogyakarta menggelar pelatihan memasak dengan menggunakan bahan pokok jagung yang dibimbing langsung oleh Ari Hartanti  Alumni Universitas Negeri Yogyakarta dan Hj. Endang Andriani, pada Minggu , 9 Januari 2022  bertempat di Kantor KCP Yogyakarta

Pelatihan ini terkait sebagai upaya menekan NPL ( Non Perfoming Loan atau kredit macet karena ketidak mampuan para peminjam dan tidak tersedianya dana pengembalian angsuran maka

Ketua Komite KCP Jogyakarta Guido mengatakan bahwa tujuan kegiatan tersebut sebagai bukti kepedulian KSP Kopdit Pintu Air dalam peningkatan kesejahteraan para anggota Kopdit Pintu Air di Jogyakarta

“Kami berharap agar kegiatan ini bisa memberikan tambahan pendapatan anggota  sehingga kedepan dapat mengurangi kredit macet,” tuturnya.

Achmad Sudibyo selaku pemerkasa dan inisiator kegiatan tersebut menjelaskan jagung ternyata memiliki nilai ekonomis yang tinggi.

Sementara pemanfaat jagung masih sangat terbatas, padahal jagung bisa di buat menjadi 20 jenis makanan dan minuman tidak sebatas jagung bakar dan jagung rebus.

Bahan jagung yang digunakan dapat dibuat menjadi  susu jagung, podeng jagung , muffin jagung dan bolu jagung.

“Khusus susu jagung dimaksud sebagai pilihan bagi masyarakat yang menderita gizi rendah dan beberapa penyakit komorbid antara lain diabetes dan cardiovaskuker dan gangguan pencernakan,” jelas dia kepada peserta pelatihan.

Ia juga melanjutkan bahwa Kopdit Pintu Air Yogyakarta akan melakukan pendampingan peserta untuk membuat IRT ( Industri Rumah Tangga) dengan mengajak serta para Akademisi di bidang Gizi dari Universitas Gajah Mada  dan Universitas Negeri Yogyakarta.

Ilustrasi-Foto: Istimewa.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 21 peserta yang terdiri dari para ibu rumah tangga baik yang berstatus anggota maupun calon anggota, jumlah tersebut mengingat masih dalam kondisi Pandemi Covid 19 sehingga pesertanya masih sangat terbatas dan tetap mengindahkan prokes.

Salah seorang peserta kegiatan yang juga adalah anggota koperasi Ibu Petrus mengatakan sangat senang dan berterima kasih atas kegiatan tersebut. Menurutnya jarang koperasi mempunyai kegiatan yang memberdayakan ekonomi dari para anggota.

“Saya berharap kegiatan tersebut menjadi kegiatan tetap bahkan unggulan sehingga orang akan tertarik masuk Kopdit Pintu Air. Koperasi ini juga sangat baik kerena tidak sekedar  memberi pinjaman dan mengambil keuntungan namun ada kegiatan yang secara nyata membantu anggotanya,” ungkapnya (Nivan).

Bagikan ke:

One Comment on “KCP Pintu Air Yogyakarta Gelar Pelatihan Pengelolaan Jagung.”

  1. Can’t be true. I’ve been investigating this matter for a few years getting data from the most expert websites such as compacom.com, nerdwallet.com, finder.com, etc and I’ve never met such an opinion. Check it out yourself.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *