Kamaruddin Batubara Didapuk Pimpin Lagi Kopsyah BMI

Tangerang (Peluang) – Ketua Pengurus Koperasi Syariah Benteng Mikro Indonesia (Kopsyah BMI) Kamaruddin Batubara didapuk memimpin kembali koperasi terbesar di Provinsi Banten tersebut untuk periode 2023-2027. Pria yang akrab dipanggil Kambara ini dipilih secara aklamasi dalam Rapat Anggota Tahunan (RAT) yang berlangsung Selasa (24/1/2023) di The Springclub Serpong, Tangerang, Banten.

Pada saat bersamaan RAT yang digelar secara hybrid dihadiri perwakilan anggota di empat zona, yakni Tangerang (Kota Bogor, Bogor, Tangerang, Kota Tangerang dan Tangsel), Serang (Kota Serang, Serang dan Kota Cilegon), Pandeglang (Lebak dan Pandeglang) dan Subang (Indramayu, Subang, Cirebon, Karawang dan Bekasi).


Selain menyampaikan laporan pertanggungjawaban kepada anggota dan demisioner pengurus Periode 2018-2022, RAT juga menggelar program kerja tahun 2023 serta rencana strategis (renstra) Kopsyah BMI untuk periode 2023-2027. Seperti acapkali disampaikan dalam berbagai kesempatan, Kambara menegaskan koperasi tidak hanya harus mampu menyejahterakan anggotanya, tetapi juga harus dapat meningkatkan nilai tambah ekonomi anggotanya.


“Jika ada koperasi yang hanya menyejahterakan pengurusnya saja, maka namanya bukan koperasi, tapi ‘Kuperasi,” ujarnya dengan nada berseloroh.


Sesuai dengan tema yang diusung pada RAT ini yaitu “Membumikan Peradaban Baru Koperasi,” Kambara optimistis ke depan koperasi di negeri ini akan besar dan sejajar dengan pelaku usaha lainnya. Lantaran itu, sambung Kambara, segenap pengelola Kopsyah BMI juga mengikrarkan tekad kuat yang diusung dalam visi mereka, Menjadi Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah terdepan dalam pemberdayaan ekonomi, sosial dan budaya.


Selain RAT Kopsyah BMI, pada saat bersamaan digelar RAT untuk Koperasi Jasa Benteng Mandiri Indonesia, Koperasi Konsumen Benteng Muamalah Indonesia di mana ketiganya merupakan primer dari Sekunder Koperasi Benteng Madani Indonesia (BMI Group). RAT koperasi-koperasi primer BMI Group digelar selama dua hari secara estafet di tiga tempat yang berbeda di Kabupaten Tangerang.


Selain mengukuhkan kembali Kamaruddin Batubara sebagai Ketua Pengurus/ Presiden Direktur Kopsyah BMI untuk periode 2023-2027, RAT juga mengukuhkan pengurus lainnya yaitu Radius Usman (Wakil Ketua I), Yayat Hidayatullah (Wakil Ketua 2), Agus Suherman ( Sekretaris 1), dan Makhrus (Bendahara 1).


Berbeda dengan susunan pengurus tahun sebelumnya yang terdiri dari lima orang, pada periode ini RAT menyepakati penambahan dua personil baru di jajaran pengurus yaitu Sondari sebagai Sekretaris 2 dan Casmita sebagai Bendahara 2. Asisten Deputi Pengembangan dan Pembaruan Perkoperasian Kementerian Koperasi UKM Bagus Rachman yang hadir pada kesempatan itu diminta memimpin pembacaan sumpah jabatan para pengurus dan pengawas BMI Group.


Ia mengapresiasi Kopsyah BMI yang bertekad membangun peradaban baru koperasi Indonesia. “Ini menarik untuk didiskusikan. Bahwa BMI mampu memberikan manfaat tidak hanya anggota tapi juga masyarakat. Anggota BMI pun sekaligus melakukan promosi koperasi ke tengah masyarakat,” ujarnya seraya menambahkan RAT yang digelar BMI secara marathon tidak kalah dengan perusahaan besar. Sehingga sangat pas jika BMI Group dapat merepresentasikan ciri koperasi genuine di tanah air. (Irm)

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *