Kado HUT RI Ke 77, Pintu Air Merambah Pulau Sulawesi

Foto: Istimewa.

Jakarta (Peluang) : Setelah dua tahun lamanya dilanda pandemi Covid-19 yang memberikan dampak cukup berat bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Tidak sedikit pelaku UMKM di Tanah Air yang akhirnya tidak mampu bertahan ataupun memilih untuk alih usaha.

Kesulitan ini pun dirasakan oleh KSP Kopdit Pintu Air yang juga merupakan salah satu koperasi besar di Indonesi. Namun melalui terobosan-terobosannya Kopdit Pintu Air dapat bertahan di tengah pandemi, meski banyak program yang terhenti kerananya.

Untuk itu momen perayaan kemerdekaan Republik Indonesia ke 77 dengan tema “Pulih Lebih Cepat dan Bangkit Lebih Kuat” diambil oleh Kopdit Pintu Air untuk melanjutkan program – program yang tertunda dengan merambah ke seluruh pulau yang ada di Indonesia.

Hal ini disampaikan oleh Ketua KSP Kopdit Pintu Air Yakobus Jano ketika diwawancarai melalui telepon selulernya, Rabu, 17 Agustus 2022.

Jano menerangkan kado spesial HUT RI ke 77 bagi Pintu Air adalah pengembangan koperasi di pulau Sulawesi dan ditahun yang sama ini akan berlajut hingga ke wilaya Indonesia timur yakni Papua.

“Kita targetkan ditahun 2025 jumlah anggota Pintu Air menjadi 1 juta anggota yang tersebar di seluruh Indonesia. Untuk itu pengembangan – pengembangan Pintu Air sangat diperlukan agar target tersebut dapat tercapai,” tuturnya.

Lanjutnya pulau Sulawesi merupakan salah satu pulau yang terletak di sebelah timur Kalimantan. Pulau dengan julukan Celebes ini memiliki 6 Propinsi yang empat di antaranya merupakan wilayah ekspansi dan basis kuat KSP Kopdit Pintu Air.

“Melalui sepak terjang Pintu Air yang luar biasa maka kehaduran kita di bumi Celebes diterima baik oleh seluruh lapisan masyrakat. Dan pengembangan di Pulau Sulawesi dimulai dari Cabang Akareso Makassar,” jelas Jano.

Lebih jauh Ketua Komite Cabang Akareso Makassar, Petrus Simon mengatakan sejak diresmikan oleh Wakil Gubernur Sul – Sel, Ir. H.Agus Arifin Nu’mang pada tanggal 26  November 2017 menjadi kantor cabang hingga saat ini terhitung jumlah anggota telah mencapi 4.355 orang  dengan total pinjaman yang beredar sebesar Rp24. 441  167 000.

“Ibarat ibu yang sedang mengandung sebentar lagi cabang Akareso Makassar akan melahiran anak cabang di Propinsi Sulawesi Tengah Ibu Kota Palu untuk memuahkan pelayanan kepada anggota dan calon anggota,” tutur Simon.

Roadshow Tim Pusat Kopdit Pintu Air di Sulawesi

Niat baik pengurus dan manajemen cabang Akareso Makassar memekarkan cabang mendapatkan restu dari pengurus dan manajemen kantor pusat Pintu Air dengan hadirnya tim kantor pusat yang terdrir dari Humas Vinsensius Deo,. Sekretaris Satu Agustinus Nong. Dan staf secretariat Tarsisius Amang yang terbang langsung ke Palu untuk menyerhakan Dokumen sebagai syart untuk mendapatkan izin dari pemerintah setempat.

Ketua KSP Kopdit Pintu Air Yakobus Jano. Foto: Istimewa.

Tepat pada tanggal 9 agustus 2022 tim pusat mengantarkan dokumen izin ke Dinas Kopersi dan UKM Propinsi Sulawesi Tengah yang beralamat di jalan R.A. Kartini No.17 Lolu Selatan, Kecamatan Palu Selatan kota Palu.

Kehadiran Rombongan Kantor Pusat, Kantor Cabang Akareso Makassar dan KCP Palu mendapat sambut hangat dengan suasana penuh kekeluargaan oleh Sekretaris Dinas Dinas Koperasi dan UKM bapak Drs. Imran, MM di dampingi beberapa staf dari jajaranya di ruang kerjanya.

Sekretaris Dinas Dinas Koperasi dan UKM Drs. Imran,MM saat itu memberi apresiasi dan menyambut baik kehadiran Tim Kantor Pusat Kopdit Pintu Air di Provinsi Sulawesi Tengah yang ingin membuka cabang di Palu.

”Pemerintah welcome terhadap keinginan ini. Nama KSP Kopdit Pintu Air tidak asing bagi kami dan kami sering lihat dan baca di majalah Piccu. Silahkan pasang baliho, papan nama dan spanduk,” katanya.

Dengan penuh optimisme, Imran percaya bahwa kehadiran KSP Kopdit Pintu Air secara tidak langsung akan mendongkrak sektor ekonomi lewat UKM.

Setelah dari Dinas Koperasi Provinsi Palu Rombongan mendatangi Dinas Koperasi dan UKM Kota Palu yang terletak di jalan Bantian, Kelurahan Lere, Kecamatan Palu Barat Kota Palu. Mereka diterima oleh Kepala Bidang Koperasi Ny.Susy Syamsul Bachry,SH,M.Si

Road show tim kantor pusat berakhir di Kantor Walikota Palu yang beralamat di jln Balaikota no 1. Kelurahan Tana Mondidi, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu. Di balai kota, tim Pintar di Kantor Pintu Air diterima oleh Asisten Administrasi Pembangunan Setda Kota Palu Drs. Bamabang Nugraha.

Pengurus Pusat Vinsen Deo dan Agustinus Nong saat itu memaparkan maksud kehadirannya dan sekilas menjelaskan tentang profil Kopdit Pintu Air kepada Asiten Administrasi Pembangunan Bambang Nugraha.

Setelah mendengarkan maksud kehadiran tim, Bambang menyambut baik rencana pembukaan kantor cabang Kopdit Pintu Air di kota Palu.

“Insya allah, saya akan melaporkan  niat baik Pegurus dan Managemen ini ke Pak Wali kebetulan beliau tidak berada ditempat,” ujarnya.

Nah dengan dukungan dari pemerintah provinsi Sulawesi Tengah dan Pemkot Palu, maka keyakinan akan hadirnya sebuah Kantor Cabang Kopdit Pintu Air di Palu segera terwujud.

Adapun saat ini KSP Kopdit Pintu Air sudah memiliki 52 kantor cabang yang tersebar di 20 provinsi di Indonesia dengan jumlah anggota sekitar 320.00 orang dan total asset mencapai Rp 1,7 Triliun. (Nivan).

Bagikan ke:

One thought on “Kado HUT RI Ke 77, Pintu Air Merambah Pulau Sulawesi

  1. Kendra Mullins

    They claim to have done really detailed research for this article. Really? If you want to know what research means, together with all the scientific data, questionnaires, reports, verified reviews, etc. go to compacom.com. Any article on this website resembles a good expert speech designed for the people in order to help them and not confuse even more.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.