KADIN DKI Jakarta Pusat Bersama Pemprov DKI Jakarta Menata Ibukota Lebih Modern

Peluang, Jakarta – Kamar Dagang dan Industri (KADIN) DKI Jakarta Pusat siap berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jak├árta Pusat untuk menata membangun Kota Jakarta menjadi lebih baik. Saat ini semakin menampakkan hasil nyata setelah menata ibukota menjadi lebih modern.


Ketua Umum KADIN DKI Jakarta, Diana Dewi menyampaikan, setelah ada penataan ibukota, sehingga kondisi ini menjadi salah satu kekuatan kota Jakarta dalam menghadapi Pandemi COVID-19 beberapa waktu lalu. Dengan memaksimalkan partisipasi masyarakat dalam ikut serta membangun Kota Jakarta.


“Sebagaimana kita ketahui, aktivitas perkonomian di masyarakat pasca pandemi COVID-19 sangat menurun drastis. Kondisi ini yang menggugah kepedulian dari berbagai pihak khususnya dunia usaha nasional untuk dapat berbuat agar penanganan pemulihan ekonomi dapat berjalan dengan cepat serta membuahkan hasil yang maksimal,” ujar Diana di Jakarta, Selasa (24/1/2023).


Sebagai wadah dunia usaha nasional yang ada di tingkat Provinsi DKI Jakarta, menurut dia, KADIN Jakarta Pusat sejak awal Pandemi telah melaksanakan beberapa kegiatan dalam rangka berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, serta SKPD terkait untuk dapat membantu penanganan Pandemi dan pemulihan ekonomi yang dilaksanakan oleh pemerintah pusat dan daerah.


“Dalam kesempatan ini, izinkan kami sekali lagi ingin memperteguh komitmen KADIN Jakarta Pusat dalam melaksanakan koloborasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, khususnya dalam usaha mempercepat pemulihan ekonomi daerah di DKI Jakarta paska pandemi COVID-19,” papar Diana.


Sebagai bentuk peneguhan komitmen oleh KADIN Jakarta Pusat, lanjut dia, hari ini adalah dengan melaksanakan serangkaian kegiatan/ Roadshow bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk dapat kembali eksis untuk dapat memfasilitasi UMKM agar dapat naik kelas.


“Sebagaimana kita ketahui bersama, DKI Jakarta menjadi rumah bagi 1,1 juta usaha yang terklasifikasi sebagai UMKM. Kontribusinya menyediakan segala kebutuhan warga Jakarta serta menggerakkan 94% roda perekonomian ibu kota,” beber Diana.


Dari data ini terlihat, menurut dia, betapa penting peran UMKM di dunia perniagaan Jakarta. Namun, pada masa pandemi Covid-19 ini, UMKM menjadi kelompok ekonomi yang paling rentan serta harus menghadapi berbagai tantangan, dari finansial hingga pemenuhan standar higienitas.


“Pada kegiatan ini kami berharap dapat memberikan sebuah pemaknaan baru akan kolaborasi yang akan dilaksanakan pada Tahun 2023, terlebih saat ini kami masih dalam taraf penyusunan rencana kerja sebagai kerangka program kerja KADIN Se DKI Jakarta pada tahun 2023. KADIN Jakarta Pusat membuka pintu untuk dapat berkolaborasi dengan berbagai pihak dengan semangat yang lebih inklusif dan membuka keterlibatan dunia usaha nasional dalam pengembangan ekonomi di DKI Jakarta,” jelas Diana.


Akhirnya dia berharap, peran serta Dunia Usaha dalam wadah KADIN Jakarta Pusat dapat memberikan kontribusi yang positif dalam percepatan dan perbaikan ekosistem dunia usaha yang sempat terganggu akibat Pandemi COVID-19.

“Semoga Tuhan Yang Maha Esa, selalu melindungi dan memberikan Rahmat dan Hidayahnya kepada kita semua, dalam mengabdikan diri kepada bangsa dan negara, bagi kepentingan perekonomian nasional,” tandas Diana. (alb)

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *