Jokowi Harapkan Ekspor Mangga Ditingkatkan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meresmikan food estate mangga di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Senin (22/8/2022). Foto : Istimewa.

Jakarta (Peluang) : Peningkatan ekspor mangga perlu dilakukan karena tingginya permintaan dari beberap negera, seperti Timur Tengah, China, Jepang, dan Eropa. Maka itu, diharapkan lumbung pangan atau food estate mangga  ini dapat memenuhi kebutuhan baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Hal itu dikemukkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meresmikan food estate buah mangga di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Senin (22/8/2022).

Jokowi mengatakan, lumbung pangan mangga di lahan seluas seribu hektare yang berada di empat kecamatan ini sebagian bisa dimiliki masyarakat dan swasta.     

“Diharapkan lumbung pangan atau Food Estate mangga ini sebagian dimiliki oleh masyarakat dan swasta.Lahan-lahan perkebunan ini juga dapat terintegrasi dengan embung yang sudah dibangun,” kata Jokowi.

Dengan terintegrasi, diharapkan lumbung pangan buah mangga ini dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dalam negeri dan bahkan bisa diekspor ke negara lain.

“Yang kita inginkan adalah produksi ini, biji tanem sekarang nanti bisa berbuah kira-kira 3 tahun, sebagian diekspor, dan  sebagian untuk keperluan domestik. Karena permintaan mangga untuk ekspor itu sekarang masih kurang ke Timur Tengah, China, ke Jepang, dan Eropa saya kira banyak permintaan,” jelas Jokowi.

Mantan gubernur DKI Jakarta ini berharap lumbung pangan  mangga ini tidak hanya di Kabupaten Gresik, tapi juga di beberapa kabupaten lain yang memiliki kondisi lahan yang cocok untuk tanaman mangga.

“Saya senang melihat mangga tertanam di sini, manajemennya sudah baik. Kita harapkan nanti ada pendampingan dan quality control dari buyer sehingga level kualitasnya akan naik,” ujarnya.

Terkait jalur logistik, Jokowi menyampaikan pemerintah telah menyediakan jalur alternatif agar distribusi logistik dapat berjalan lancar dan lebih cepat, yakni melalui jalan tol yang sudah dibangun.(s1).

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.