Jenazah Azyumardi Azra Dimakamkan Besok di TPM Kalibata

Azyumardi Azra. Foto : Istimewa.

Jakarta (Peluang) : Jenazah Azyumardi Azra dijadwalkan tiba di Jakarta pada Senin malam ini. 

Ketua Dewan Pers Prof Azyumardi Azra meninggal dunia pada Minggu (18/9/2022) di RS Serdang, Selangor Malaysia, pukul 11.30 WIB atau 12.30 waktu Malaysia.

Azyumardi wafat setelah sebelumnya menjalani perawatan di rumah sakit tersebut. 

Kabar meninggalnya Azyumardi Azra disampaikan Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia untuk Malaysia Hermono.

Berdasarkan surat kematian yang dikeluarkan pihak rumah sakit  penyebab kematian Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra, yaitu acute inferior myocardial infarction atau terdapat kelainan pada jantung. 

“Tertulis dalam surat tersebut penyebabnya ‘acute inferior myocardial infarction’,” ujar  Hermono.

Adapun serangan jantung yang dialami cendikiawan yang sempat menjadi Rektor UIN Jakarta ini terjadi ketika berada di pesawat dalam perjalanan dari Jakarta menuju Malaysia, Jumat (16/9/2022).

Kemudian, sejak Sabtu (17/9/2022) pagi, Azyumardi menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Serdang, Selangor Malaysia.

Pada 17 September, istri dan anak Azyumardi tiba di Kuala Lumpur dan menjenguknya di Rumah Sakit Serdang. Selain didampingi keluarga, Azyumardi juga ditemani KBRI Kuala Lumpur selama proses perawatan.

Guru Besar Sejarah Islam Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta ini sempat memperoleh upaya resusitasi dari tim dokter sebelum mengembuskan napas terakhir pada pukul 12.30 waktu setempat di coronary care unit (CCU) rumah sakit tersebut.

Kehadiran Azyumardi Azra di Malaysia dalam rangka memenuhi undangan dari Angkatan Belia Islam Malaysia (ABIM) untuk menghadiri Konferensi Internasional Kosmopolitan Islam yang dilaksanakan di Selangor, Malaysia, pada 17 September 2022.

Jenazah cendekiawan muslim ini akan tiba di Indonesia Senin (19/9/2022) malam sekitar pukul 23.00 WIB.

Setelah tiba di Tanah Air, jenazah akan disemayamkan di rumah duka. Kemudian, akan disholatkan di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarief Hidayatullah, Ciputat, Jakarta pada Selasa (20/9/2022) pagi.

Menurut Anggota Dewan Pers Arif Zulkifli, jenazah almarhum Azyumardi Azra akan di makamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan. 

“Pemakaman  di Blok Z Nomor 426 TMP Kalibata pada Selasa (20/9/2022),” tandas Arif.

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.