Jelajahi Sensasi Berkuda di Alam Terbuka

Di berbagai kota di Tanah Air tersedia cukup banyak pilihan klub untuk penggemar berkuda. Klub Arthayas Stables & Country Club Jakarta telah menawarkan aktivitas berkuda di Jakarta selama lebih dari 20 tahun.

MENUNGGANG kuda bisa menjadi alternatif kegiatan mengisi akhir pekan. Khususnya bagi anda yang sedang berada di Jakarta, dan bosan bermain di mal setiap akhir pekan. Meski berkesan mahal, beberapa tempat berkuda menawarkan harga yang terjangkau. Kelas berkuda tertentu agak mahal karena menjanjikan kualitas.

Beberapa tempat berkuda berikut ini sering di kunjungi oleh wisatawan pada waktu-waktu terentu. Meskipun bagi beberapa orang, kegiatan berkuda kadang masih dipandang sebagai sesuatu yang eksklusif dan mahal. Luasnya sebaran klub berkuda mengisyaratkan oleh raga ini makin mendapat tempat di kalangan masyarakat.

Di Jakarta, misalnya, ada Pacuan Kuda Pulomas. Dibangun tahun 1970an. Pernah ditutup tahun 1980-an; ada Trijaya Equestrian kebanyakan pengunjung yang datang ke Jl. H. Montong, Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan, ini adalah mereka yang sudah menjadi anggota tetap; ada Gading Equistarian, wahana berkuda di Pejaten, Pasar Minggu, Jaksel, yang tak membeda-bedakan kelas dan pengalaman para penunggang.

Di berbagai kota di Tanah Air tersedia cukup banyak pilihan klub untuk penggemar berkuda. Antara lain, Prameswari Equestrian Yogyakarta; Equinara Jakarta; Sorcherry Riding Club IPB, Bogor; Satya Panggayuh Arini Stable, Karawang; D’Paragon Horse Riding Club, Yogya; Yussar Stable and Riding Club Sidoarjo; JJ Equestrian Yogya; JPEC, Jakarta Perkumpulan Equestrian Centre

Arthayas Stables & Country Club memiliki sejarah yang kaya dalam komunitas berkuda Indonesia. Klub ini telah menawarkan aktivitas berkuda di Jakarta selama lebih dari 20 tahun. Pemiliknya adalah para penunggang kuda yang setia dengan standar layanan berkuda yang sangat tinggi. Pelajaran dan programnya banyak. Mulai dari 20 menit menunggang kuda, pelajaran menerjang, pelajaran kelompok 45 menit, hingga kursus pelatihan intensif.

Padang rumput hijau seluas 14 hektare di Arthayasa adalah tempat perlindungan eksklusif jauh dari keramaian kehidupan Jakarta. Terletak di pinggiran Jakarta Selatan di atas lahan 14 hektare tanaman hijau yang indah, Arthayasa Stables & Country Club didirikan pada tahun 1992 oleh Rafiq Hakim Radinal. Mulanya wahana ini dikenal sebagai fasilitas berkuda pribadi.

Klub ini melayani semua tingkatan dan minat pada kuda. Mereka menawarkan pelajaran menunggang kuda, pelatihan berkuda, kegiatan setelah sekolah, kunjungan lapangan, pesta ulang tahun, lokasi untuk layanan foto dan video, serta kegiatan terkait kuda lainnya di klub atau di properti klien.

Layanan mencakup Barding, Pelatihan, Pelajaran, Klinik, Pembiakan, Konsultasi Berkuda, Fasilitas Berkuda, dan Desain & Konstruksi Tanah. Mereka juga memberi pelatihan untuk pelajaran dari level pemula hingga lebih tinggi, kompetisi, lompat, dressage, lintas negara. Arthayasa Tack Shop menawarkan peralatan impor berkualitas tinggi untuk penunggang dan kuda dari pabrikan internasional terkenal.

Bagi yang berminat untuk menekuni atau belajar berkuda, setidaknya sudah ada beberapa stable yang bisa dijadikan referensi belajar. Owner Riverside Ranch Natar di Dusun Muhajirun, Dodi S. Sarbini, mengatakan, di stable-nya tersedia fasilitas untuk kelas joy ride, rent ridding, dan latihan pengendalian kuda dengan suasana alam yang sejuk walaupun berlatih di siang hari, dengan tujuh kuda terlatih.

Tarif joy ride (mengenal berkuda dengan dipandu pelatih) Rp20ribu/lap, rent ridding Rp100 ribu per 40 menit, dan untuk latihan pengendalian berkuda Rp150ribu/50 menit. “Kalau mau ke rute alam Rp250ribu/2 jam,” ujarnya. Bahkan ada paket member ditawarkan harga Rp1,5 juta dengan 6 kali pertemuan. Kuda yang ada di Riverside adalah kuda impor seperti dari Jerman, Australia, kuda luar peranakan Indonesia-Arab Saudi dan Indonesia-Brazil. 

“Tiap pertemuan sekitar dua jam. Kita akan ajari sampai mampu menunggang kuda dengan baik. Untuk paket wisata juga ada, Rp150 ribu per jam. Kita buka setiap hari, kecuali Senin,” tutur Dodi Sarbini. Pelatih kuda di Siger Horse Kompleks PKOR Way Halim Hanif Abu Yazid mengatakan, untuk di Siger sendiri, di kelas joy ride Rp 15ribu/lap, horse ridding maksimal 4 orang Rp150 ribu, coaching + private leassons 4 pertemuan Rp450 ribu dan 8 pertemuan Rp850ribu. “Kita buka setiap hari,” ujarnya.

Bagikan ke: