Imbas Wabah Corona, Wishnutama Akui Potensi Kehilangan Devisa Capai Rp150 Triliun

Menparekraf Wishnutama-Foto: Berita Satu.

JAKARTA–-Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama mengakui adanya potensi kehilangan devisa akibat pandemi Covid-19 atau Corona.

Dia menaksir jumlah devisa yang hilang mencapai Rp150 triliun pada 2020. Sektor ini paling terdampak akibat pandemi Corona.  Padahal pariwisata penyumbang devisa yang signifikan bagi Indonesia.

Hanya saja Wishnutama menyatakan pemerintah optimis, sektor pariwisata yakin akan mengalami rebound pada 2021 Perkiraan itu terjadi dengan asumsi wabah virus Corona sudah membaik pada Juni 2020.

“Artinya potensi kehilangan devisa bisa lebih dari itu jika pandemi Covid-19 berkepanjangan,” ujar Wishnutama melalui konferensi pers virtual di Jakarta, Kamis (16/4/20).

Namun Wishnutama optimis  sektor ini pulih pada 2021.Sektor ini akan melonjak tajam karena banyak turis yang menahan keinginan untuk bepergian pada 2020

“Tentu kita juga harus berkompetisi dengan negara lain setelah pasca pandemi ini berakhir untuk melakukan berbagai macam strategi ke depan,” kata dia.

Sebelumnya jumlah wisatawan mancanegara pada 2020 ditargetkan mencapai 16 juta orang. Namun pandemi Covid-19 target wisman diturunkan menjadi 5 juta orang.

Padahal rata rata wisman yang berkunjung ke Indonesia dapat menghabiskan 1.200 Dolar AS per orang.

Bagikan ke: