Hobi Masif Indonesiana

Meski bhinneka, masyarakat kita punya kesamaan hobi yang sangat khas: ganti gadget, eksis di sosmed, dan bikin meme.

 

Gonta-ganti gadget
Untuk urusan perkembangan gadget, orang Indonesia sangat update. Bukan kaum intelek seperti mahasiswa atau orang berduit saja yang tahu perkembangan gadget. Tukang becak dan pedagang asongan pun fasih bicara fitur gadget keluaran terbaru. Perkembangan teknologi dibarengi kemudahan mendapatkan informasi di internet.

Buat sebagian besar masyarakat Indonesia, punya gadget terbaru itu rasanya “sesuatu” banget. Tidak hanya akan dianggap sebagai orang “Paling gaul se-Indonesia”, tetapi punya gadget terbaru konon mempengaruhi status, wibawa, dan gengsi seseorang di lingkungannya.

Eksis di sosmed & televisi
Di Sosmed, kita tercatat sebagai Pengguna Sosmed Terbanyak di Dunia”. Juga “Pengguna Sosmed Paling Aktif di Dunia”. Bahkan sempat dijuluki “Pengguna Sosmed Paling Berisik”. Saat Piala Dunia Sepakbola 2014 silam, orang kita sangat rajin nge-twit saat pertandingan berlangsung. Sosme tidak cuma digunakan untuk unjuk diri, tapi juga hal lain seperti berjualan, memasarkan produk, hingga modus penipuan.

Selain hobi eksis di sosmed, orang Indonesia juga berbakat “unjuk bakat” di televisi. Bukankah sejak 10 tahun terakhir banyak stasiun televisi menggelar acara “live performance“? Remaja alay dilibatkan mendukung acara tersebut. Mereka pun memanfaatkannya untuk unjuk kebolehan. Mulai dari menari, bergaya, menyanyi, hingga berakting.  Pihak televisi diuntungkan. Sebab, tanpa dibayar pun, orang berjibun datang. Tak hanya nonton, mereka juga sekalian bisa masuk tipi.

Bikin meme
Selain rajin bkin posting, orang kita juga kreatif dalam membuat meme. Ya, menurut Ana Larue, Manager Pemasaran Path, meme buatan orang Indonesia menduduki peringkat pertama terbanyak di Path. Memang negara lain juga membuat meme, tapi tidak sederas dan sebergairah meme produk orang Indonesia. Di sosmed lain pun meme kita sangat mendominasi. Kreativitas—plus selera humor masyarakat yang unik dan tinggi—membuat mereka dengan mudah membuat meme yang ‘nendang’ dan ‘mengena’.●(dd)

Bagikan ke: