Hadirkan Nuansa Lokal Sampai Global

Amos Cozy Hotel menawarkan tematik berbeda di setiap ruangan. Konsep yang unik ini  mengantarkannya meraih rekor MURI sebagai hotel dengan jumlah ruang tematik terbanyak.

Kreativitas kadang muncul dalam kondisi kepepet. Seperti yang dialami Khoe Ribka, pemilik Amos Cozy Hotel & Convention Hall di kawasan Blok M Jakarta Selatan. Hotel yang menampilkan nuansa tematik lokal dan global ini pada awalnya tidak didesain sebagai bangunan hotel melainkan mal mini untuk pedagang emas.

Khoe mengatakan, setelah mengantongi perizinan untuk membangun mal mini, pada saat bersamaan dibangun pusat perbelanjaan Blok M. Perempuan kelahiran Jakarta ini berpikir, tidak mungkin ia bersaing dengan korporasi besar. Akhirnya ia mengubah peruntukan mal menjadi apartemen strata title. Secercah sinar mulai tampak karena apartemen sudah laku terjual sebagian sejak di-launching perdana. Namun nasib lagi-lagi mengubah jalan bisnisnya ternyata ada perubahan Regulasi sehingga membawa akhirnya ke Bisnis Hotel 99 Room. “Perjalanan hotel ini betul-betul lahir karena kondisi kepepet,” ujar Khoe.

Dalam kondisi bimbang, Khoe teringat akan sebuah hotel dengan konsep penjara di saat jalan-jalan di Amerika Serikat. Pikirnya, keunikan bisa mendatangkan rezeki. Akhirnya ia nekat untuk mengubah desain bangunan menjadi sebuah hotel yang unik. Tema tematik yang memadukan unsur lokal dan dunia menjadi pilihannya. Jadilah desain beragam dari berbagai daerah di Indonesia dan luar negeri menghiasi ruangan hotel.

Kini Amos Cozy Hotel & Convention Hall memiliki 99 kamar dengan beragam desain seperti bernuansa Jepang, China, Korea, Eropa, Mesir, Bali, Sunda, dan Jawa.   Hotel ini memiliki 15 ruang meeting, 2 Junior Ballroom, dan 1 Grand Ballroom yang merupakan fasilitas MICE (Meeting, incentive, convention, and exhibiton) dengan dekorasi dan nuansa tematik yang berbeda-beda. Ini memberikan pengalaman yang berbeda bagi pengunjung karena bisa memilih nuansa mana yang dinginkan. Amos Cozy Hotel memiliki lima tipe kamar, Classic, Deluxe, Junior Suite, Family Suite, dan Diamond Suite. Selain itu dilengkapi dengan kolam renang Indoor, peralatan kebugaran, SPA, bisnis center,  dan jasa untuk mencuci pakaian.

Berkat keunikannya, Amos Hotel mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai hotel dengan jumlah ruang tematik terbanyak pada  24 Januari 2014 dan mendapat API (Anugerah Perempuan Indonesia pada tahun 2015) Penghargaan ini sekaligus merupakan pengakuan atas keunikan ide yang digagas Khoe Ribka, perempuan jebolan Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanagara ini. (drajat).

Bagikan ke: